Follow Us

Daftar Mal di Jakarta yang Buka, Bukti Vaksin Pakai Pedulilindungi

Wulan - Rabu, 11 Agustus 2021 | 08:00
Daftar mal di Jakarta yang mulai dibuka
pixabay

Daftar mal di Jakarta yang mulai dibuka

CERDASBELANJA.ID – Pemerintah resmi memperpanjang lagi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2, 3 dan 4 di sejumlah daerah.

Adapun PPKM ini akan diperpanjang sampai 16 Agustus 2021. Di dalam perpanjangan PPKM level 4 di Jawa-Bali tersebut, terdapat dua road map yang memiliki penyesuaian dan akan dilakukan uji coba.

Di antaranya adalah sektor perbelanjaan atau mal dan industri esensial yang berbasis ekspor atau penunjangnya.

Baca Juga: Kasus Aktif Masih Tinggi, PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang 2 Minggu

“Pemerintah akan melakukan uji coba pembukaan secara gradual, untuk mal/pusat perbelanjaan di wilayah level 4 dengan memperhatikan implementasi protokol kesehatan,” ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers virtual, Senin (9/8).

Uji coba pembukaan pusat perbelanjaan atau mal akan dilakukan di Kota Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang.

Nantinya, pusat perbelanjaan atau mal dibuka dengan kapasitas 25% selama seminggu ke depan, tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat.

Namun perlu diingat, hanya masyarakat yang sudah divaksinasi Covid-19 yang bisa masuk ke mal dan harus menggunakan aplikasi Pedulilindungi.

Di sisi lain, anak-anak berusia kurang dari 12 tahun dan lebih dari 70 tahun akan dilarang untuk masuk ke dalam mal atau pusat perbelanjaan.

Mengutip Kompas.com, Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Wijaja menyebut, masih ada sejumlah mal yang belum beroperasi mulai Selasa (10/8) karena belum siap.

Baca Juga: PPKM Diperpanjang, Mal di Sejumlah Daerah Boleh Buka Maksimal 25%

"Masih ada yang sedang melakukan persiapan karena pemerintah baru mengumumkan secara resmi tadi malam," kata Alphonzus, Selasa (10/8/2021).

Source : Kompas.com

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest