CERDASBELANJA.ID – Belakangan ini, kesadaran konsumen untuk belanja produk ramah lingkungan semakin meningkat.
Tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan, beragam produk belanja ramah lingkungan juga bisa berdampak baik bagi para konsumennya.
Untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mulai belanja produk ramah lingkungan, Tokopedia menghadirkan gerakan Tokopedia Hijau.
Tokopedia Hijau sendiri, hadir sebagai upaya dalam menciptakan ekosistem bisnis berkelanjutan, demi memberikan dampak positif bagi lingkungan dan seluruh mitra strategis secara jangka panjang.
Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki mengatakan, pihaknya mengapresiasi gerakan Tokopedia Hijau yang bertujuan mewujudkan ekosistem lokapasar yang lebih efisien dan minim limbah.
Hal ini, senada dengan program prioritas Kemenkop UKM dalam mendukung pengembangan UMKM ramah lingkungan.
“Berdasarkan hasil riset Kemenkop UKM bersama United Nations Development Programme (UNDP) di 2021, dari 3.000 pelaku UMKM, 95%-nya menunjukkan minat terhadap praktik usaha ramah lingkungan,” ujar Teten dalam keterangannya, dikutip Kamis (15/12).
Public Affairs Senior Lead Tokopedia Aditia Grasio Nelwan menjelaskan, ada sekitar 12 juta penjual di Tokopedia yang hampir 100% UMKM.
“Tokopedia Hijau mengajak sebanyak-banyaknya penjual menerapkan prinsip ramah lingkungan, demi bersama membangun bisnis berkelanjutan dan dapat berkontribusi bagi masyarakat dan lingkungan hidup, lewat berbagai program, seperti Program Edukasi dan Inkubasi Seller Hijau,” kata Aditia.
Ada berbagai program yang hadir di dalam Tokopedia Hijau, salah satunya Program Edukasi Seller Hijau.
Terdapat modul komprehensif, untuk memandu penjual memulai dan membangun bisnis yang lebih ramah lingkungan, serta webinar yang bisa diakses oleh penjual secara gratis.