Follow Us

Hari Kartini, Intip Inisiatif Tokopedia dan UMKM dalam Memberdayakan Perempuan

Wulan - Jumat, 22 April 2022 | 12:00
Tokopedia dan sejumlah UMKM menghadirkan inovasi untuk memberdayakan perempuan.
Dok. Tokopedia

Tokopedia dan sejumlah UMKM menghadirkan inovasi untuk memberdayakan perempuan.

CERDASBELANJA.ID – Merayakan Hari Kartini 21 April 2022, Tokopedia terus mengedepankan inklusivitas di dalam ekosistemnya.

Hal ini, dilakukan demi memberikan kesempatan yang setara kepada masyarakat untuk mencapai lebih, sekaligus mendorong pemulihan ekonomi negeri.

VP of Seller Experience Tokopedia Puput Hidayat menjelaskan, siapa pun talenta digital terbaik, baik perempuan, laki-laki, orang tua, difabel maupun lainnya, punya kesempatan yang sama untuk berkarya bagi Indonesia lewat Tokopedia.

“Kini ada, lebih dari 6.000 Nakama (sebutan karyawan Tokopedia) yang bergabung di Tokopedia dan berasal dari berbagai profil,” ujar Puput dalam diskusi virtual, Kamis (21/4).

Infrastruktur gedung Tokopedia Care juga sangat ramah difabel. Mulai dari jalur pejalan kaki khusus, lift platform vertikal, pegangan tangan, hingga kamar kecil dan ruang salat dirancang untuk difabel.

Kantor Tokopedia pun memiliki fasilitas penunjang bagi ibu berkarier, seperti ruang menyusui hingga ruang bermain untuk anak.

Ada pula benefit cuti hamil, atau maternity leave bagi perempuan dan paternity leave bagi laki-laki agar Nakama.

Melalui benefit ini, baik yang merupakan seorang ibu maupun ayah, sama-sama bisa menikmati perannya sebagai orang tua.

“Tokopedia juga kini fokus menjalankan inisiatif Hyperlocal yang mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat, sehingga UMKM lokal di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh,” kata Puput.

Baca Juga: 3 Cara Mengembangkan Bisnis ala Kartini Masa Kini, Dijamin Bisa Sukses

Menurut data internal, jumlah perempuan pegiat UMKM di Tokopedia naik 2,5 kali lipat di 2021 dibandingkan 2020.

Pekanbaru, Palembang, Pekalongan, Denpasar, dan Balikpapan menjadi beberapa kota dengan peningkatan jumlah perempuan pegiat UMKM paling tinggi di 2021.

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest