Follow Us

Keunggulan Asuransi Unit Link, Wajib Pelajari Profil Risiko Sebelum Beli Produk

Wulan - Kamis, 14 April 2022 | 13:00
Webinar Allianz mengenai unit link
Dok. Allianz

Webinar Allianz mengenai unit link

CERDASBELANJA.ID – Allianz Indonesia secara konsisten dan berkelanjutan menggelar webinar series, untuk memberikan informasi dan edukasi kepada nasabah seputar perlindungan asuransi.

Baru-baru ini Allianz mengangkat topik webinar #YukPahami PAYDI dan Manfaatnya, yang mana topik Produk Asuransi Yang berkaitan Dengan Investasi (PAYDI) dan manfaatnya.

Webinar ini, dilatarbelakangi oleh ketentuan baru yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 14 Maret 2022 lalu. Dengan mengikuti webinar ini, diharapkan masyarakat dapat memahami kebutuhan dan profil risiko sebelum membeli produk, dan jika sudah menjadi nasabah, maka dapat meninjau ulang dan menyesuaikan perlindungan asuransi yang dimiliki dengan kebutuhan yang mungkin berubah seiring dengan berjalannya waktu.

Head of Bancassurance Allianz Life Indonesia Hadiman Saputra menjelaskan, PAYDI atau unit link pada dasarnya adalah produk asuransi yang mengedepankan manfaat perlindungan.

Tujuan dari produk ini, kata Hadiman, adalah solusi keuangan jangka panjang yang memberikan perlindungan, baik jiwa maupun kesehatan, serta produk ini disertai dengan unsur investasi.

Nasabah harus memahami dengan baik dan benar, mengenai manfaat perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan, lalu ada biaya yang dikenakan sesuai dengan perlindungan asuransi yang dipilih.

“Nasabah juga harus memahami profil risiko masing-masing karena imbal hasil dana investasi pada produk ini akan mengikuti kondisi pasar,” jelas Hadiman dalam keterangannya, dikutip Kamis (14/4).

Head of Allianz Sales Academy Bancassurance & HCS Program Dominico Savio Rendra Wibowo menjelaskan, ciri khas PAYDI adalah aksesibilitas, fleksibilitas, dan manfaat ganda, yaitu perlindungan asuransi dan sekaligus investasi.

Melalui PAYDI, nasabah dapat melakukan penarikan nilai tunai sebagian dan cuti premi, jika terjadi kesulitan keuangan, tanpa harus kehilangan perlindungan asuransinya.

Baca Juga: Masih Banyak Diminati, Allianz Imbau Nasabah Pahami Asuransi Unit Link

Namun, harus diingat bahwa fasilitas ini akan memotong nilai tunai dalam polis asuransi nasabah untuk menggantikan premi yang dibayarkan secara rutin.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk mengambil cuti premi, nasabah harus bijaksana memastikan jumlah nilai tunainya cukup agar polis tetap aktif.

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest