CERDASBELANJA.ID – Bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional, Tokopedia menggelar START CX First Summit 2021 untuk pertama kalinya.
Tokopedia START CX First Summit 2021 ini, mengusung tema Reimagining the Right Blend of Human Touch, Technology, and Data Analytics for the Best Customer Experience.
Acara ini, merupakan konferensi customer experience (CX) pertama dari Tokopedia yang akan mengulas praktik CX terbaik di berbagai bidang.
Baca Juga: Manfaatkan Platform Lokal Tokopedia, VIVI ZUBEDI Temukan Market Baru
Misalnya seperti perbankan, telekomunikasi, pemerintahan dan berbagai industri lainnya. Ada puluhan praktisi yang akan berdiskusi, mengenai perpaduan antara sentuhan manusia, teknologi dan data dalam menciptakan pengalaman pelanggan terbaik untuk pelanggan di Indonesia.
Jika tertarik, kita dapat mengikuti rangkaian kegiatan Tokopedia START CX First Summit 2021 dengan melakukan registrasi di situs academy.tokopedia.com.
Kegiatan ini akan diadakan secara daring, melalui situs Tokopedia Academy dan Official YouTube Inside Tokopedia pada Sabtu, 4 September 2021 pukul 09.00-17.00 WIB.
Co-Founder dan Vice Chairman Tokopedia Leontinus A. Edison menjelaskan, Tokopedia sebagai perusahaan teknologi Indonesia terus berupaya membentuk ekosistem yang kolaboratif guna mendukung kemajuan talenta digital Indonesia, termasuk di bidang CX.
“Di Tokopedia sendiri, kami telah menerapkan strategi CX berbasis digital, dengan perpaduan sentuhan manusia, teknologi dan data, untuk menciptakan pengalaman terbaik bagi seluruh pelanggan di Indonesia,” ujar Leo dalam diskusi virtual, Rabu (1/9).
Leo menambahkan, START CX First Summit 2021 adalah wujud dari komitmen Tokopedia bersama para talenta digital, untuk mendukung pemerataan layanan pelanggan terbaik melalui inovasi teknologi.
Baca Juga: Semester Baru, Tokopedia Catat Transaksi Biaya Pendidikan Meningkat
Tokopedia START CX First Summit 2021 ini, juga diharapkan dapat menjadi wadah bagi Tokopedia dan seluruh praktisi untuk dapat saling berbagi pengalaman dan wawasan, serta mendorong kemajuan CX di Indonesia.
Di sisi lain, SVP of Customer Excellence Tokopedia Rudy Azhary Dalimunthe mengatakan, Tokopedia mengajak praktisi CX dari berbagai industri untuk berbagi pengalaman terbaik dalam acara ini.
“Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan inspirasi untuk pegiat CX lain dan meningkatkan kepuasan pelanggan saat bertransaksi,” kata Rudy.
Rudy melanjutkan, ada dua tujuan dari penyelenggaraan Tokopedia START CX First Summit 2021. Pertama untuk pelanggan, acara ini diadakan demi mendukung pemerataan layanan pelanggan terbaik.
Dengan demikian, nantinya dapat meningkatkan kepuasan pelanggan saat bertransaksi. Kedua, untuk komunitas CX, Tokopedia menyediakan wadah untuk networking, branding, serta berdiskusi dan berbagi pengetahuan tentang kemajuan teknologi, serta pengalaman lintas industri untuk pengalaman yang lebih baik bagi para pelanggannya.
Tokopedia sendiri memiliki layanan Tokopedia Care yang membantu pelanggan dalam memecahkan masalah yang dihadapi ketika berbelanja.
Baca Juga: Masih Tahap Uji Coba, Tokopedia akan Hadirkan Metode Pembayaran Baru
Tokopedia Care, adalah pusat layanan pengguna Tokopedia untuk memberikan solusi efektif bagi setiap pertanyaan maupun kendala pengguna dalam bertransaksi daring.
Tokopedia Care yang telah hadir sejak 2009 ini, mengedepankan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam seluruh inisiatifnya.
Selain itu, Tokopedia Care melayani pengguna selama 24/7 dan lebih dari 100 juta pengunjung bulanan Tokopedia.
Rudy menekankan, saat membantu memecahkan masalah pelanggan, maka kita perlu menganggap mereka sebagai sahabat sendiri.
“Namun, jangan lupa bahwa pelanggan butuh solusi. Jadi, pastikan untuk selalu memberikan solusi dari permasalahan mereka saat membalas pesan,” kata Rudy.
Selain START CX First Summit 2021, Tokopedia melalui Tokopedia Academy juga menghadirkan berbagai inisiatif lainnya.
Baca Juga: 5 Cara Nabung dan Investasi Menguntungkan ala Tokopedia, Gampang!
Di antaranya seperti START Summit, START Summit Extension, START Women in Tech, Devcamp, Tokopedia Internship, Product Design Academy, Summer Acceleration Program, kolaborasi dengan berbagai universitas dan masih banyak lagi.
Acara START CX First Summit 2021 didukung oleh sejumlah mitra, termasuk Kementerian Perdagangan, Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), ServiceNow, IGT Solutions, Mitracomm Ekasarana dan Genesys.
Nantinya, acara akan dibuka dengan berbagai sesi dari Co-Founder and Vice Chairman Tokopedia Leontinus Alpha Edison, COO Tokopedia Melissa S. Juminto, CTO Tokopedia Herman Widjaja, Vice President of People and Office Management Tokopedia Nanang Chalid.
Kemudian, ada pula sesi dari Senior Vice President of Customer Excellence Tokopedia Rudy A. Dalimunthe, Vice President of Engineering dan Chief of Staff Technology Tokopedia Aswin Tanu Utomo, serta sederet talenta digital Tokopedia lainnya. (*)