Follow Us

Manfaatkan Aplikasi BukuKas, UMKM Kuliner Lokal Dapat Omzet 2x Lipat

Wulan - Rabu, 01 September 2021 | 22:00
UMKM lokal lakukan digitalisasi
Dok. BukuKas

UMKM lokal lakukan digitalisasi

CERDASBELANJA.ID – Mengelola bisnis di tengah tingginya persaingan, menuntut pelaku bisnis untuk terus berinovasi dan melakukan pengelolaan bisnis dengan efektif dan efisien.

Omzet pendapatan mampu naik berlipat, dengan diterapkannya sistem pengelolaan yang baik dan memanfaatkan teknologi yang ada.

Seperti yang dilakukan oleh Bayu Raja (32), lelaki yang berdomisili di Jakarta ini memulai kariernya sebagai seorang pengusaha di bidang kuliner, sejak dirinya dirumahkan pada 2020 lalu.

Baca Juga: Jajaki Bisnis Online Saat Pandemi, Penjualan Krakakoa Meningkat 1.000%

Berbekal pengalamannya selama 13 tahun di dunia food & beverages, Bayu melihat adanya peluang dan memutuskan untuk menggunakan uang pesangon yang didapatkannya untuk memulai bisnis kuliner.

Bayu menjelaskan, pada awalnya sang istri yang memulai bisnis kuliner, tetapi setelah saya dirumahkan akhirnya Bayu mengelola bisnis istri, serta merambah ke bisnis kuliner lainnya.

“Saat ini kami memiliki tiga bisnis makanan yang berlokasi di Jakarta, yaitu Dapur Rianka Frozen Food, Rokupang Rianka, dan Bakso Meni,” ujar Bayu dikutip dalam keterangannya, Rabu (1/9).

Bayu mengaku, tidak mudah mengelola tiga bisnis kuliner tanpa sistem manajemen yang baik, terutama dalam mengelola keuangan.

Ia mengatakan, saat baru memulai bisnis Bayu sempat mengelola keuangan secara manual, dari mencatat pendapatan, pengeluaran, hingga jumlah stok barang yang ada.

“Namun, setelah ada dua bisnis yang saya kelola, cara seperti ini sudah tidak efektif lagi. Pendapatan kami sempat menunjukkan angka minus karena data pendapatan, pengeluaran, dan lain-lainnya tidak tercatat dengan rapi,” jelas Bayu.

Baca Juga: Sempat Terdampak PPKM, Ayu Ting Ting Putuskan Buka Kembali Bisnis Cafe Miliknya

Bayu pun menyadari kurang efektifnya mengelola keuangan secara manual, akhirnya memutuskan untuk memanfaatkan pengelola keuangan berbasis digital menggunakan aplikasi BukuKas.

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest