Follow Us

Jadi Syarat Perjalanan, PT KAI Berikan Vaksinasi Gratis di Stasiun

Wulan - Selasa, 06 Juli 2021 | 07:30
PT KAI hadirkan vaksinasi bagi penumpang kereta api jarak jauh.
Instagram @keretaapikita

PT KAI hadirkan vaksinasi bagi penumpang kereta api jarak jauh.

CERDASBELANJA.ID – Pemerintah resmi menerapkan PPKM Darurat sampai tanggal 20 Juli 2021 mendatang.

Sejalan dengan hal tersebut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi menerbitkan aturan perjalanan di masa penerapan PPKM Darurat.

Aturan ini, tertuang dalam Surat Edaran (SE) tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan transportasi di masa pandemi Covid-19.

Baca Juga: Shopeepay Gandeng KAI Services, Bisa Bayar Makanan Kereta Nontunai

Penerbitan SE Kemenhub di sektor transportasi darat, laut, udara, dan kereta api tersebut, sejalan dengan terbitnya SE Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 14 tentang ketentuan perjalanan orang dalam negeri dalam masa pandemi Covid-19.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menjelaskan, mulai tanggal 5-20 Juli 2021 calon pengguna Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) wajib memiliki beberapa dokumen pendukung perjalanan.

Di antaranya, adalah bukti telah melakukan vaksin pertama dalam bentuk Kartu Vaksinasi, e-sertifikat, maupun bukti vaksin elektronik lainnya yang menyatakan telah disuntik vaksin minimal vaksin dosis pertama.

“Selain bukti vaksin, calon pengguna juga wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2x24 jam atau Rapid Test Antigen maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan,” ujar Eva dikutip dalam keterangannya, Senin (5/7).

Untuk memastikan keamanan dan kesehatan para calon pengguna KAJJ, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta membuka layanan vaksinasi bagi calon penumpang KA di Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Adapun layanan vaksinasi ini sudah tersedia mulai 3 Juli 2021. Kegiatan vaksinasi di Stasiun Gambir dan Pasar Senen, akan dibuka setiap hari pada pukul 08.00 sampai 12.00 WIB dengan jumlah ketersediaan 100 vaksin per hari.

Baca Juga: Imbas PPKM Darurat, Layanan KRL Hanya Beroperasi Sampai Pukul 21:00

Bagi calon penumpang yang akan mengikuti kegiatan vaksinasi di stasiun, maka proses vaksinasi dianjurkan dilakukan selambatnya H-1 sebelum tanggal keberangkatan.

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest