Follow Us

Banyak Diminati, Kenali Apa Itu Cryptocurrency dan Blockchain

Wulan - Rabu, 27 Januari 2021 | 15:00
Banyak Diminati, Kenali Apa Itu Cryptocurrency dan Blockchain
istockphoto

Banyak Diminati, Kenali Apa Itu Cryptocurrency dan Blockchain

CERDASBELANJA.ID – Belakangan ini Bitcoin menunjukkan kinerja yang cukup signifikan, tidak heran banyak orang yang mulai berinvestasi di Bitcoin.

Tapi, ternyata masih banyak yang belum mengetahui bahwa Bitcoin merupakan salah satu jenis dari cryptocurrency.

Apa itu cryptocurrency? Cryptocurrency adalah mata uang digital yang dipakai untuk bertransaksi virtual di dalam jaringan internet.

Baca Juga: Investasi Lewat Metode Pinjaman, Kenali Apa Itu Sistem P2P Lending

Sandi-sandi rahasia yang cukup rumit berfungsi melindungi dan menjaga keamanan mata uang digital ini.

Crypto juga merupakan aset digital yang dirancang untuk bekerja sebagai media pertukaran dengan menggunakan cryptografi yang kuat untuk mengamankan transaksi keuangan, mengontrol penciptaan unit tambahan, dan memverifikasi transfer aset.

Kata “cryptocurrency” berasal dari gabungan dua kata, yaitu “cryptography” yang mempunyai arti kode rahasia, dan “currency” yang berarti mata uang.

Konsep cryptografi sebenarnya sudah dikenal sejak zaman Perang Dunia II. Ketika itu, Jerman memakai cryptografi guna mengirimkan kode-kode rahasia agar tidak mudah terbaca oleh pihak lawan.

Berbeda dengan mata uang konvensional yang bersifat terpusat, mata uang digital justru bersifat desentralisasi.

Tidak ada pihak yang hadir dan berperan sebagai perantara dalam suatu transaksi. Pembayaran dengan mata uang digital berlangsung dari pengirim ke penerima atau peer-to-peer.

Baca Juga: Beri Kemudahan Pinjaman, Kenali Dulu Jenis-Jenis P2P Lending

Namun, seluruh transaksi yang dilakukan tersebut tetap dicatat dan dipantau dalam sistem jaringan cryptocurrency. Penambang cryptocurrency akan mencatat transaksi ini dan memperoleh komisi berupa uang digital yang bisa dipakai.

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest