Follow Us

Bangkitkan Investasi, Pemerintah Mulai Tawarkan SBN Ritel Seri ORI019

Wulan - Selasa, 26 Januari 2021 | 19:30
Bangkitkan Investasi, Pemerintah Mulai Tawarkan SBN Ritel Seri ORI019
instagram.com/kemenkeuri/

Bangkitkan Investasi, Pemerintah Mulai Tawarkan SBN Ritel Seri ORI019

CERDASBELANJA.ID – Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) secara resmi telah membuka masa penawaran Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI019.

Dengan demikian, ORI019 merupakan Surat Berharga Negara (SBN) ritel pertama yang ditawarkan kepada masyarakat di tahun 2021, dari total enam seri SBN ritel yang direncanakan untuk diterbitkan sepanjang tahun ini.

Seperti diketahui SBN untuk investor ritel adalah produk investasi yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia dan dijual kepada individu Warga Negara Indonesia (WNI) melalui agen penjual.

Baca Juga: Jangan Salah Langkah, Ini 7 Tips Berinvestasi di Crowdfunding

SBN ritel ini terdiri atas dua jenis, yaitu konvensional dan syariah. Untuk SBN konvensional dikenal dengan Obligasi Negara Ritel (ORI) dan Savings Bond Ritel (SBR).

Sementara itu, untuk jenis syariah adalah Sukuk Negara Ritel (SR) dan Sukuk Negara Tabungan (ST).

Nantinya, seluruh dana yang diperoleh dari hasil penerbitan ORI019 akan digunakan untuk pemenuhan target pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021.

Termasuk, untuk upaya penanganan dan pemulihan dampak dari pandemi Covid-19.

Adapun masa penawaran obligasi ini dimulai pada 25 Januari 2021 sampai dengan 18 Februari 2021 pukul 10:00.

Secara terperinci, tingkat kupon yang ditawarkan ORI019 adalah sebesar 5,57% dan bersifat fixed rate sampai waktu jatuh tempo tiba, yaitu pada 15 Februari 2024 mendatang.

Baca Juga: Investasi Lewat Metode Pinjaman, Kenali Apa Itu Sistem P2P Lending

Pembayaran kupon ini akan dilakukan pada tanggal 15 setiap bulannya, dengan periode pembayaran kupon pertama kali pada tanggal 15 April 2021 mendatang.

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest