CERDASBELANJA.ID – Belanja online memang menyenangkan.
Selain memudahkan, biasanya banyak promo yang ditawarkan, terutama pada momen tertentu.
Masalahnya, berbelanja online juga butuh kehati-hatian. Jangan sampai kita kalap dan asal beli.
Meski banyak pilihan dengan penawaran yang enggak kaleng-kaleng, kita tetap harus lebih jeli memilih barang dan memilih toko di marketplace.
Jangan seperti Bunga (nama samaran), perempuan berusia 29 tahun yang tergiur dengan harga murah, tapi akhirnya mendapat barang tiruan.
Bunga bercerita. “Jadi, waktu itu kan lagi butuh tas banget. Terus ada merek tas terkenal cakep banget, klaimnya original. Lebih murah Rp300.000 gitu. Ya, sudah beli, kan.”
Bunga menambahkan, adanya perbedaan harga sampai segitu membuatnya enggak pikir panjang. Apalagi pas lihat foto etalasenya bagus banget.
“Eh, pas datang… sama, sih, modelnya, tapi ini zonk gitu. Jahitannya enggak rapi, logonya beda, sama bahannya kasar. Duh, bikin trauma,” kata Bunga.
Nah, itulah kenapa kita perlu kritis saat ingin membeli barang yang akan kita beli.
Baca Juga: Cara Belanja Online untuk Dapatkan Produk Impian di Flash Sale Shopee
Sularsi, Koordinator Pengaduan dan hukum Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyarankan, “Tanyakan terlebih dahulu ke penjualnya lewat fitur chat.”
Kata Sularsi, kita boleh mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya, karena itu hak kita sebagai konsumen.