Follow Us

Sudah Dibuka, Catat Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja Gelombang 24

Wulan - Minggu, 20 Maret 2022 | 20:05
Syarat dan cara daftar Kartu Prakerja Gelombang 18
prakerja.go.id

Syarat dan cara daftar Kartu Prakerja Gelombang 18

CERDASBELANJA.ID – Pemerintah resmi membuka pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 24 tahun ini.

Sebagaimana diketahui, program Kartu Prakerja diberikan pemerintah sejak adanya pandemi tahun 2020 lalu.

Fokus dari program kartu prakerja ini, adalah pelatihan untuk meningkatkan masyarakat agar mampu bersaing di pasar nasional dan pasar global.

Adapun kelompok masyarakat yang disasar adalah pengangguran, masyarakat yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), serta bagi pegawai kelas rendah (low skill) yang ingin meningkatkan kualitasnya menjadi tingkat manajerial.

Mengutip dari Kompas.com, Kepala Staf Kepresiden Moeldoko yang Wakil Ketua Komite Cipta Kerja menganalogikan, ibarat bayi, usia Program Kartu Prakerja ini masih sangat belia.

Analogi tersebut ia sampaikan ketika membuka secara resmi Gelombang 24 program Kartu Prakerja di Bengkulu, Kamis (17/3).

Moeldoko menjelaskan, Prakerja tak hanya menyediakan aneka pelatihan tapi juga menghubungkan dengan aneka lowongan kerja yang sedang dibuka di seluruh Indonesia.

"Kamis, 17 Maret 2022, dengan ini, saya nyatakan Gelombang 24 Program Kartu Prakerja resmi dibuka," tuturnya melalui keterangan tertulis, dikutip Jumat (18/3/2022).

"Namun, meski sangat dini, capaian prestasi program sangat tinggi, terutama dalam membawa misi ganda dan inklusif, yaitu meningkatkan kompetensi melalui pelatihan, menghubungkan supply dengan demand, serta menyalurkan bantuan untuk menopang daya beli," lanjut Moeldoko.

Baca Juga: Cara Pakai Dana Prakerja agar Untung, Jangan Sampai Salah Pakai

Di dalam kesempatan itu, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari menuturkan, sejak peluncuran Gelombang I, Kartu Prakerja menjangkau 186.287 penerima manfaat dari 10 kabupaten dan kota di provinsi berjuluk Bumi Rafflesia ini.

Bidang penjualan pemasaran, gaya hidup, makanan dan minuman, manajemen, serta perkantoran menjadi kategori pelatihan yang paling diminati peserta Prakerja di Bengkulu.

Source : Kompas.com

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest