Follow Us

Cara Pakai Dana Prakerja agar Untung, Jangan Sampai Salah Pakai

Wulan - Senin, 29 Maret 2021 | 21:00
Cara Pakai Dana Prakerja agar Untung, Jangan Sampai Salah Pakai
Kompas.com

Cara Pakai Dana Prakerja agar Untung, Jangan Sampai Salah Pakai

CERDASBELANJA.ID – Di tahun ini, pemerintah telah membuka periode baru dari program kartu prakerja.

Sampai dengan data terakhir, pemerintah telah membuka program kartu prakerja sampai gelombang 16. Sebagaimana diketahui, program kartu prakerja diberikan pemerintah sejak adanya pandemi tahun 2020 lalu.

Fokus dari program kartu prakerja ini, adalah pelatihan untuk meningkatkan masyarakat agar mampu bersaing di pasar nasional dan pasar global.

Baca Juga: Cara Sambung Akun LinkAja dengan Kartu Prakerja, Cuma 5 Langkah

Adapun kelompok masyarakat yang disasar adalah pengangguran, masyarakat yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), serta bagi pegawai kelas rendah (low skill) yang ingin meningkatkan kualitasnya menjadi tingkat manajerial.

Nantinya, para peserta kartu prakerja ini akan mendapatkan insentif berupa bantuan dari pemerintah sebesar Rp3,55 juta. Perinciannya, peserta akan mendapatkan uang bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta yang tidak bisa dicairkan.

Peserta juga akan mendapatkan insentif pascapelatihan sebesar Rp600 ribu per bulan selama empat bulan, serta mendapat insentif survei sebesar Rp50 ribu untuk tiga kali atau Rp150 ribu.

Pastikan untuk tidak menggunakan uang insentif secara sembarangan. Simak cara pakai dana prakerja agar kita tetap untung.

1. Meningkatkan Dana Darurat

Sebelum menghabiskan seluruh uang untuk berbelanja, kita perlu menyimpan sebagian dana ke tabungan dana darurat.

Pasalnya, dana darurat bisa membantu kita keluar dari kondisi tidak terduga dan menjaga agar keamanan finansial tetap stabil. Meski jumlah uang yang disimpan tidak banyak, tetapi ini jauh lebih baik daripada tidak sama sekali.

Pikirkan berbagai kemungkinan di masa yang akan datang jika kita tidak memiliki dana darurat. Untuk itu, hal ini menjadi penting agar kita tidak kesulitan saat mengalami hal tidak terduga.

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest