Follow Us

Cegah Kekerasan Seksual, Gojek Ciptakan Ruang Publik Aman Bagi Penumpang

Wulan - Kamis, 17 Maret 2022 | 21:00
Ilustrasi driver Gojek mengantar pesanan GoFood
DOK. Instagram @gofoodindonesia

Ilustrasi driver Gojek mengantar pesanan GoFood

CERDASBELANJA.ID – Gojek terus memperkuat posisinya sebagai pilihan utama masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhan, termasuk dalam mengakses ruang publik melalui layanan transportasi.

Sebagai bagian dari upaya tersebut, Gojek secara konsisten mengambil peran untuk turut berkontribusi menciptakan ruang publik yang aman.

Bertepatan dengan momentum Hari Perempuan Internasional yang diperingati setiap Maret, Gojek menggaungkan kembali kampanye #AmanBersamaGojek, sebagai komitmen menghadirkan ruang publik yang aman, termasuk aman dari kekerasan seksual.

Berdasarkan Survei Pelecehan Seksual di Ruang Publik Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia oleh Koalisi Ruang Publik Aman (KRPA) yang dilakukan pada 2022, didapati fakta bahwa 78,89% responden perempuan pernah mengalami pelecehan seksual di ruang publik.

Selain itu, lebih dari setengahnya mengalami pelecehan seksual di jalanan umum atau taman.

Di samping itu, di tengah meningkatnya aktivitas online atau daring akibat pembatasan kegiatan selama pandemi, fenomena kekerasan seksual secara online turut menjadi perhatian.

Kejadian ini, mayoritas terjadi pada aplikasi media sosial dan aplikasi pesan instan (chat).

Head of Global Transport Marketing Gojek Amanda Parikesit mengatakan, permasalahan yang mengemuka dari temuan survei KRPA terkait kekerasan seksual, memerlukan tindak lanjut dari berbagai pihak untuk bisa saling berkolaborasi menghadirkan solusi terbaik.

Salah satu langkah konkret Gojek adalah inisiatif #AmanBersamaGojek yang bertujuan untuk menciptakan ruang publik yang aman dengan berfokus pada tiga pilar utama, yaitu Edukasi, Teknologi, dan Proteksi 2.

Baca Juga: Siap-Siap, Gojek akan Menghadirkan Armada Mobil GoSend Tahun 2022

“Sejak 2019, Gojek secara konsisten menggandeng berbagai pihak yang memiliki visi yang sama untuk dapat bersama-sama memberikan dampak yang bermakna, dalam menciptakan ruang publik yang aman bagi masyarakat Indonesia,” ujar Amanda dalam keterangannya, dikutip Minggu (13/3).

Lebih lanjut, Amanda turut menggarisbawahi pentingnya konsistensi dalam upaya bersama menciptakan ruang publik yang aman.

Editor : Presi

Baca Lainnya

Latest