Follow Us

Berlaku Mulai Hari Ini, Duduk di MRT Sudah Tidak Dibatasi Lagi dengan Kapasitas 100%

Wulan - Senin, 14 Maret 2022 | 11:00
Tempat duduk MRT tdak berjarak
instagram.com/mrtjkt

Tempat duduk MRT tdak berjarak

CERDASBELANJA.ID – Ada kabar gembira bagi para pengguna moda transportasi Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta.

Pasalnya, mulai 14 Maret 2022 ini MRT Jakarta memberlakukan kebijakan kapasitas maksimal tempat duduk penumpang 100%.

Dengan demikian, penumpang tidak perlu duduk berjarak lagi. MRT Jakarta juga telah melepas tanda jaga jarak pada tempat duduk di dalam ratangga.

Selain itu, MRT Jakarta juga akan memberlakukan kebijakan kapasitas penumpang maksimal 100% dari jumlah tempat duduk mulai Senin (14/3).

Dengan demikian, kapasitas maksimal penumpang MRT Jakarta saat ini sebanyak 86 orang per car (kereta) atau 516 orang per train set (rangkaian kereta).

Kebijakan ini, merupakan implementasi dari Surat Keputusan Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Nomor 145 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2.

Hal ini, juga sejalan dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan RI Nomor 25 Tahun 2022 mengenai pengaturan kapasitas penumpang maksimal 100%, untuk moda transportasi massal yang berada di wilayah dengan status PPKM Level 2.

Meski demikian, pengguna jasa wajib mengikuti aturan yang berlaku, termasuk penerapan protokol kesehatan yang terkait dengan pencegahan penyebaran virus Covid-19 secara ketat.

Di antaranya, seperti memakai masker dan senantiasa menjaga kebersihan tangan dengan mencuci menggunakan sabun.

Baca Juga: Patuhi Aturan Baru, Kini Pengguna KRL Bisa Duduk Tanpa Jarak Lagi

Tanda jaga jarak di tempat duduk MRT dilepas
instagram.com/mrtjkt

Tanda jaga jarak di tempat duduk MRT dilepas

PT MRT Jakarta (Perseroda), saat ini masih memberlakukan kebijakan untuk tidak berbicara, baik satu maupun dua arah selama berada di dalam kereta.

Tidak hanya itu, pengguna jasa juga diminta untuk melakukan pemindaian kode QR melalui aplikasi PeduliLindungi sebelum memasuki area stasiun.

Adapun jadwal operasi MRT, dimulai sejak pukul 05.00-21.30 WIB setiap hari dengan selang waktu keberangkatan 5 menit pada jam-jam sibuk, yaitu antara pukul 07.00-09.00 WIB, serta pukul 17.00-19.00 WIB.

Sementara itu, di luar jam sibuk selang waktu keberangkatan akan beroperasi 10 menit sekali pada akhir pekan, dengan jam operasional mulai pukul 06.00-21.30 WIB. (*)

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest