Follow Us

Semakin Digemari Wisatawan, OYO Bantu Digitalisasi Desa Wisata

Wulan - Rabu, 02 Maret 2022 | 17:00
Desa Wisata
Dok. OYO

Desa Wisata

CERDASBELANJA.ID – Pariwisata alternatif yang memberikan konsep wisata lebih bersahabat dengan alam dan masyarakat lokal, semakin menjadi tren bagi wisatawan, terlebih di tengah pandemi.

Untuk mengakomodasi tren tersebut, pemerintah tengah fokus mengembangkan potensi Desa Wisata di berbagai wilayah Indonesia, dengan mempromosikan keunikan dan kearifan lokal setempat.

Salah satu hal yang berperan penting dalam mempercepat pengembangan wisata lokal tersebut, adalah melalui digitalisasi, terlebih kebiasaan wisatawan di era pandemi semakin dekat dengan teknologi.

Seiring dengan besarnya potensi pengembangan Desa Wisata, khususnya dalam masa pemulihan pariwisata nasional saat ini, pemerintah dan pelaku industri pariwisata memperkuat kolaborasi.

Hal ini, dilakukan guna mengoptimalkan potensi tersebut, termasuk dalam hal penginapan.

OYO sebagai perusahaan hospitality, menginisiasi kolaborasi bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta pemerintah daerah setempat untuk mendukung percepatan dalam pengembangan Desa Wisata melalui digitalisasi.

Berbekal kemampuan teknologi OYO, kolaborasi yang dinamakan program Maju Bersama Desa Wisata ini, diharapkan mampu mengoptimalkan potensi Desa Wisata di Indonesia.

Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, juga mengapresiasi langkah inisiatif dari OYO dalam digitalisasi di Desa Wisata, terutama kontribusinya bagi sektor pariwisata lokal.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno, mengapresiasi kolaborasi yang terjalin guna mendukung kebangkitan ekonomi, membuka lapangan kerja dan peluang usaha baru untuk ekonomi kreatif, serta mempercepat kemajuan kemandirian desa.

Baca Juga: Jadi Warisan Dunia UNESCO, Ini Pesona Wisata Desa Andong Hahoe Folk

Sandiaga juga menjelaskan, tren pariwisata saat ini telah bergeser ke arah digital dan OYO berada di garda terdepan di tengah tren pariwisata saat ini.

Sandiaga juga mengajak pelaku industri, untuk bersama-sama mendigitalisasi melalui platform-platform, sebagai bagian dari transformasi dan promosi destinasi pariwisata.

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest