Follow Us

Waspada Bencana Tidak Terduga, Pahami Pentingnya Asuransi Properti

Wulan - Selasa, 01 Maret 2022 | 21:00
Ilustrasi asuransi.
iStockphoto

Ilustrasi asuransi.

CERDASBELANJA.ID – Di masa yang penuh ketidakpastian ini, kita perlu ekstra waspada terhadap beberapa hal.

Tidak hanya risiko keselamatan jiwa, bencana yang tidak terduga layaknya gempa bumi dan banjir turut mendatangkan risiko-risiko lainnya.

Termasuk kerugian atas kerusakan aset berharga, seperti rumah atau tempat usaha, serta kendaraan.

Sebagai salah satu upaya mengantisipasi dan menanggulangi risiko tersebut, perlindungan asuransi hadir untuk memberikan manfaat proteksi dari hilangnya nilai ekonomi, atau kerugian yang dialami.

Head of Underwriting & Product Development Allianz Utama Indonesia Dony Sinanda Putra menjelaskan, salah satu upaya untuk meminimalkan kerugian yang mungkin timbul akibat bencana alam, adalah dengan memiliki perlindungan misalnya asuransi properti, maupun asuransi kendaraan.

“Tidak hanya terkait bencana alam, berbagai risiko kerugian akan rumah dan kendaraan perlu untuk diantisipasi, sehingga nilai asetnya dapat tetap terjaga,” ujar Dony dalam keterangannya, dikutip Selasa (1/3).

Sepanjang tahun 2020, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat terdapat lebih dari 2.000 bencana alam yang didominasi oleh banjir, dengan total jumlah kerusakan rumah melebihi 42.000.

Selain itu, semakin bertambahnya perumahan di lingkungan perkotaan yang berupa hunian padat penduduk, turut menghadirkan potensi musibah.

Misalnya, seperti kebakaran dan pencurian yang menyebabkan risiko kehilangan atau kerusakan, semakin mungkin terjadi.

Baca Juga: Waspada Omicron, Cekpremi.com Hadirkan Asuransi Kesehatan Jika Terkena Covid-19

Melindungi aset properti dengan asuransi dari risiko tersebut, menjadi suatu langkah yang tepat untuk meminimalkan kerugian yang muncul akibat bencana.

Terlebih, selain risiko bencana, asuransi juga bisa melindungi properti yang kita miliki dari perampokan atau kemalingan saat kita tinggal pergi dalam waktu yang panjang. Misalnya, seperti saat liburan atau perjalanan ke luar kota.

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest