Follow Us

Kartu Prakerja Gelombang 23 Resmi Dibuka, Slot Kuota 500.000 Peserta

Wulan - Jumat, 18 Februari 2022 | 08:00
Program Kartu Prakerja adalah program untuk peningkatan kompetensi.
https://www.maxpixel.net/photo-2562325

Program Kartu Prakerja adalah program untuk peningkatan kompetensi.

CERDASBELANJA.ID – Pemerintah secara resmi telah membuka pendaftaran program Kartu Prakerja Gelombang ke-23, atau gelombang pertama di tahun 2022 pada Kamis, (17/2).

Untuk itu, pemerintah mendorong masyarakat yang berminat dan memenuhi syarat untuk segera mendaftar di situs resmi Kartu Prakerja, yaitu www.prakerja.go.id.

Program Kartu Prakerja, adalah program bantuan biaya pelatihan untuk mengembangkan kompetensi, produktivitas, daya saing, dan kewirausahaan angkatan kerja Indonesia melalui ekosistem yang dibangun dengan kemitraan multi-pihak.

Saat ini, terdapat 6 platform digital, 181 lembaga pelatihan yang menyediakan 596 pelatihan, 5 mitra pembayaran, 8 institusi pendidikan, 4 job platform yang saling terkoneksi, serta 8 Kementerian/Lembaga dan 17 Pemerintah Daerah yang membantu menyediakan data.

Riset The Abdul Latif Jameel Poverty Action Lab (J-PAL) Southeast Asia dan Rumah Presisi Indonesia membuktikan, program Kartu Prakerja berdampak positif terhadap aspek ketahanan pangan, ketahanan finansial, serta inklusi keuangan.

Selain itu, riset ini juga membuktikan Kartu Prakerha berdampak positif pada kompetensi, produktivitas, kebekerjaan, kewirausahaan, dan pendapatan para penerima.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berharap, manfaat Kartu Prakerja Gelombang 23 dapat dirasakan oleh lebih banyak masyarakat.

Airlangga menjelaskan, paket lengkap bantuan Kartu Prakerja berupa pelatihan dan insentif, adalah sebuah inovasi program Pemerintah Indonesia dalam merespons secara cepat dan positif atas dampak pandemi Covid-19.

“Oleh karena itu, tidak berlebihan jika program Kartu Prakerja dapat dijadikan contoh sukses program pemerintah dalam rangka ‘recover together, recover stronger’ pada event G20 tahun ini,” ujar Airlangga pada konferensi pers virtual, Kamis (17/2).

Baca Juga: Cara Pakai Dana Prakerja agar Untung, Jangan Sampai Salah Pakai

Sejak dibuka pada 11 April 2011, jumlah penerima program Kartu Prakerja telah mencapai 11,4 juta orang dari 22 gelombang pendaftaran.

Sebanyak 87% penerima, belum pernah ikut pelatihan sebelumnya. Secara rata-rata, peserta memberikan nilai 4,9 dari skala 5 untuk pelatihan yang telah diambil.

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest