Follow Us

Tokopedia Gencarkan Inisiatif Hyperlocal, Penjualan UMKM Solo Naik Lebih dari 5x Lipat

Wulan - Jumat, 18 Februari 2022 | 15:00
Inisiatif Hyperlocal Tokopedia
Dok. Tokopedia

Inisiatif Hyperlocal Tokopedia

CERDASBELANJA.ID – Memperingati HUT ke-277 Kota Solo pada 17 Februari, Tokopedia bersama pemerintah kota dan mitra strategis lain, terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal.

Inisiatif Hyperlocal Tokopedia ini, digencarkan untuk membantu UMKM Solo meningkatkan daya saing bisnis lewat teknologi.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni menjelaskan, selama kuartal IV/2021 Tokopedia mencatat peningkatan UMKM Solo yang bergabung di kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP) Solo Tokopedia.

“UMKM Solo yang bergabung dalam kampanye KTP, mengalami lonjakan transaksi hingga lebih dari 5x lipat jika dibandingkan dengan yang belum mengikuti kampanye tersebut,” ungkap Astri dalam keterangannya, dikutip Kamis (17/2).

Kampanye KTP, juga mendorong tren belanja online masyarakat. Astri menjelaskan, kategori Rumah Tangga, Kesehatan, Fesyen, Elektronik, hingga Makanan dan Minuman menjadi beberapa kategori Tokopedia yang paling laris di Solo sepanjang 2021.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, pihaknya mengapresiasi upaya Tokopedia yang konsisten mendukung Pemkot Solo, dalam mendorong UMKM untuk memanfaatkan platform digital.

“UMKM harus maju dan lebih melek teknologi, agar dapat meningkatkan daya saing usaha sehingga masyarakat semakin mendukung produk UMKM, serta pemulihan ekonomi nasional tercapai,” katanya.

Demi meningkatkan keterampilan usaha UMKM Solo, Tokopedia juga rutin mengadakan Kelas Maju Digital setiap bulannya.

Para UMKM bisa mendapatkan pendampingan dan pembekalan, dengan beragam topik terkait pengembangan usaha dan kompetensi kewirausahaan dari UMKM mentor lainnya.

Baca Juga: Transaksi UMKM Meningkat, Begini Tren Jual-Beli Online di Balikpapan Sepanjang 2021

Kangensolo merupakan salah satu contoh pelaku UMKM Solo yang telah merasakan dampak positif setelah mengikuti beragam turunan inisiatif Hyperlocal Tokopedia.

Berangkat dari kerinduan pada kuliner khas kota asalnya, Solo, Cyntia Andika Amarta memutuskan mendirikan Kangensolo dan bergabung di Tokopedia pada awal 2020. Hanya dengan modal tekun dan pantang menyerah, ia menjual beberapa jenis camilan.

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest