Follow Us

Transaksi UMKM Meningkat, Begini Tren Jual-Beli Online di Balikpapan Sepanjang 2021

Wulan - Sabtu, 12 Februari 2022 | 22:00
Inisiatif Hyperlocal dari Tokopedia
Dok. Tokopedia

Inisiatif Hyperlocal dari Tokopedia

CERDASBELANJA.ID – Inisiatif Hyperlocal yang digencarkan oleh Tokopedia, membawa sederet dampak positif di berbagai daerah, termasuk Balikpapan.

Transaksi UMKM Balikpapan di Tokopedia, menunjukkan peningkatan 2x lipat selama 2021 dibandingkan 2020.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud mengatakan, pihaknya mengapresiasi upaya Tokopedia dalam mengembangkan UMKM Balikpapan.

“Sinergi antara pemerintah dan pihak swasta, merupakan kunci dalam mendorong pembangunan ekonomi di Balikpapan,” ujar Rahmad dalam keterangannya, dikutip Sabtu (12/2).

Di sisi lain, Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Emmiryzan menjelaskan, ada beberapa kategori terlaris di Balikpapan sepanjang 2021.

“Makanan dan Minuman, Ibu dan Anak, serta Fesyen Anak, Kesehatan, Kecantikan, dan Rumah Tangga menjadi beberapa kategori paling laris selama 2021 di Tokopedia, dibandingkan tahun sebelumnya,” jelas Emmiryzan.

Secara terperinci, Tokopedia membagikan tren jual-beli online di Balikpapan sepanjang 2021.

1. Makanan dan Minuman

Produk daging, paket, parsel makanan, dan susu menjadi beberapa produk yang laris diburu masyarakat Balikpapan selama 2021 dibandingkan 2020.

“Pegiat usaha lokal bidang makanan dan minuman di Balikpapan, mengalami kenaikan transaksi hampir 2,5x lipat selama tahun 2021 dibandingkan dengan tahun sebelumnya,” jelas Emmir.

Baca Juga: 5 Tips Jaga Kesehatan Mental, Waspada Stres di Tengah Kondisi Pandemi

2. Ibu dan Anak, Fesyen Anak

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest