Follow Us

5 Tips Jaga Kesehatan Mental, Waspada Stres di Tengah Kondisi Pandemi

Wulan - Jumat, 11 Februari 2022 | 09:00
Tokopedia
Dok. Tokopedia

Tokopedia

CERDASBELANJA.ID – Pada masa pandemi ini, tidak jarang masyarakat mengalami tantangan dan berujung pada stres.

Tidak hanya itu, ada pula beberapa orang yang bahkan mengalami tantangan mental dan menghambat aktivitas sehari-hari. Menurut Psikolog Klinis Indah Sundari, M.Psi., keluhan psikosomatis adalah contoh tantangan mental yang meningkat secara signifikan selama pandemi.

“Artinya, seseorang bisa merasa sakit secara fisik, tetapi tidak terdapat gejala fisik. Hal ini biasanya disebabkan oleh stres, panik, ataupun cemas. Burnout juga menjadi tantangan mental lainnya,” jelas Indah pada diskusi virtual, Selasa (8/2).

Keadaan ini, mendorong masyarakat mencari berbagai kegiatan untuk mengisi waktu luang di rumah, contohnya berolahraga atau melakukan hobi.

“Tren tersebut menyebabkan kategori Olahraga dan Hobi menjadi salah satu kategori paling populer di Tokopedia sepanjang 2021,” kata External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya.

Tokopedia bersama Indah pun membagikan beberapa tips, agar masyarakat bisa lebih mudah menjaga kesehatan mental dari rumah.

1. Belajar Melukis atau Membuat Kerajinan Tangan

Tips menjaga kesehatan mental yang pertama, adalah melakukan hobi seperti melukis atau membuat kerajinan tangan.

“Melakukan aktivitas seperti melukis atau membuat kerajinan tangan, misalnya, dapat membantu mengembalikan energi positif sehingga produktivitas bisa ikut meningkat,” kata Indah.

Di Tokopedia sendiri, produk paint by numbers atau alat lukis lainnya, serta peralatan kerajinan tangan masing-masing meningkat hampir 2x lipat sepanjang 2021, dibandingkan tahun 2020.

Baca Juga: Tips Jaga Kesehatan Mental Anak ala Tokopedia, Hari Anak Nasional

2. Meditasi dengan Menulis Jurnal Harian atau Membaca

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest