CERDASBELANJA.ID – Sobat Shopee pasti sudah sangat hafal bagaimana cara belanja di Shopee.
Namun, tidak sedikit Sobat Shopee yang masih bingung bagaimana cara menangani paket rusak atau tidak sesuai saat belanja di Shopee.
Termyata, cara menangani paket yang rusak atau tidak sesuai sangat mudah. Apabila bungkus paket yang diterima rusak, dan kita menduga bahwa produk di dalamnya juga rusak, maka kita disarankan untuk meminta kurir untuk menemani kita sampai selesai mengecek kondisi produk.
Kita juga disarankan untuk mendokumentasikan (foto/video) kondisi bungkus paket, serta kondisi produk tersebut.
Jika benar paket/barang tersebut rusak, kita bisa mengajukan pengembalian barang melalui aplikasi Shopee dan langsung menghubungi penjual melalui fitur Chat Shopee, untuk membahas pengembalian barang/dana.
Namun, jika kita yakin bahwa kerusakan terjadi pada saat pengiriman barang (bukan dari penjual), kita juga disarankan untuk memberikan info ke penjual, untuk membantu penjual ketika dia menghubungi penyedia jasa kirim.
Baca Juga: Cara Belanja Online di Shopee, Simak 3 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Baju
Selain itu, jika kita menerima barang yang rusak atau salah, kita juga dapat meminta pengembalian dana dengan syarat sebagai berikut:
- Pesanan masih dalam masa Garansi Shopee.
- Kita belum mengeklik “Pesanan Diterima.”
Jika ingin uang kembali, berikut adalah cara agar dapat mengajukan pengembalian dana di Shopee.
- Pilih tab Saya, kemudian klik Pesanan Saya.
- Klik tab Dikirim.
Baca Juga: 3 Cara Ampuh Dapat Cashback untuk Belanja Online di Shopee, Serbu Sekarang Juga!
- Masuk halaman Rincian Pesanan, lalu klik Ajukan Pengembalian.
- Pilih barang atau produk yang ingin dikembalikan.
- Klik Alasan dan pilih alasan pengajuan pengembalian sesuai dengan keadaan kita.
- Masukkan alamat e-mail kita dan pastikan e-mail masih dalam keadaan aktif.
- Klik Kirimkan dan tunggi balasan dari Shopee.
Namun perlu diingat, permintaan pengembalian dana di Shopee adalah bersifat pengajuan.
Baca Juga: Sobat Shopee Wajib Tahu, Ini Cara Bayar Pakai Shopeepay di Aplikasi Klik Indomaret
Setelah pengajuan, kita akan diinstruksikan untuk mengembalikan barang atau mungkin menunggu tinjauan Tim Shopee.
Kita diberikan waktu lima hari, untuk melakukan pengembalian barang ke alamat pengembalian pihak penjual (seller).
Setelah mengembalikan barang, kita dapat memasukkan informasi pengembalian barang pada halaman Rincian Pengembalian.
Namun, apabila pengajuan ditolak oleh Penjual, maka status pesanan akan masuk pada tahap naik banding.
Pembeli dan penjual dapat mengirimkan bukti, baik berupa foto, screenshot, maupun video yang dapat menguatkan pengajuan melalui Pusat Resolusi Shopee. (*)
Baca Juga: Kenali Apa Itu Garansi Shopee, Antisipasi Pesanan Tidak Sesuai Ekspektasi