Follow Us

Rayakan Hari Difabel Sedunia, Tokopedia Luncurkan Fitur Voice Over

Wulan - Sabtu, 04 Desember 2021 | 14:00
Tokopedia hadirkan fitur Voice Over di aplikasi untuk mempermudah pengguna difabel
Dok. Tokopedia

Tokopedia hadirkan fitur Voice Over di aplikasi untuk mempermudah pengguna difabel

CERDASBELANJA.ID – Merayakan Hari Difabel Sedunia, Tokopedia secara resmi meluncurkan fitur Voice Over di aplikasinya.

Fitur ini memudahkan difabel, khususnya tunanetra, menggunakan aplikasi Tokopedia untuk memenuhi kebutuhan hingga menciptakan peluang.

“Lewat fitur ini, kami berharap Tokopedia bisa menjadi platform yang semakin inklusif dan mempermudah lebih banyak masyarakat dari berbagai kalangan, termasuk rekan-rekan difabel,” ungkap Engineering Manager Tokopedia Ferico Samuel dalam diskusi virtual, Jumat (3/12).

Ferico yang juga pengembang fitur tersebut menjelaskan, kehadiran fitur Voice Over tidak lepas dari kontribusi difabel yang sekaligus menjadi pengguna Tokopedia.

“Fitur Voice Over, terus dikembangkan sesuai masukan rekan-rekan difabel yang menggunakan Tokopedia agar selalu relevan dengan kebutuhan mereka,” lanjutnya.

Salah satu tunanetra pengguna Tokopedia, Maria Hardono mengatakan, fitur Voice Over Tokopedia membantu dirinya dalam proses belanja daring.

Baca Juga: Hari Difabel Sedunia, UMKM Difabel Tokopedia Bagi Cerita Kontribusi ke Ekonomi Digital

“Saya bisa mendengarkan review produk dari pembeli lain, berbelanja dengan e-wallet dan mengikuti berbagai promo serta live shopping.” Ungkap Maria.

Tunanetra lain yang merupakan pengguna sekaligus pelaku usaha di Tokopedia, M. Reza Akbar mengatakan, sejak menggunakan fitur Voice Over di Tokopedia, ia merasa menjadi lebih mandiri.

“Khususnya, dalam memenuhi kebutuhan harian serta menjalankan bisnis secara lebih mudah dan juga nyaman,” ungkap Reza.

Saat ini, fitur Voice Over sudah bisa diakses melalui sistem iOS dan akan terus dikembangkan ke segala jenis sistem ponsel, termasuk Android.

Tidak hanya itu, Tokopedia melalui Tokopedia Bersama pun berfokus pada pemberdayaan kelompok difabel agar menjadi lebih mandiri secara sosial maupun ekonomi.

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest