Follow Us

Pemilik Warung dan PKL, Begini Cara Dapat Rp1,2 Juta dari Pemerintah

Wulan - Kamis, 23 September 2021 | 19:00
ilustrasi cara dapat uang bansos tunai
iStockphoto

ilustrasi cara dapat uang bansos tunai

CERDASBELANJA.ID – Meski kasus positif Covid-19 di Indonesia mulai menurun, tetapi sebagian besar kegiatan masih dilakukan secara online.

Untuk meringankan beban masyarakat, pemerintah pun meluncurkan sejumlah bantuan sosial. Mulai dari sembako, bantuan uang tunai, prakerja, serta bansos lainnya.

Kali ini, pemerintah kembali memberikan bantuan tunai bagi masyarakat. Namun, kini bantuan diberikan khusus untuk pemilik warung dan pedagang kaki lima.

Baca Juga: Jangan Terlewat, Catat Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 20

Mengutip dari Kompas.com, ribuan pedagang kaki lima (PKL), pemilik warung, dan pengusaha warteg di Jakarta akan mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp1,2 juta dari pemerintah.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, bantuan uang tunai tersebut akan disalurkan melalui TNI dan Polri.

Program yang dinamai Program Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) ini menyasar jutaan pedagang di seluruh Indonesia yang terdampak pandemi Covid-19, termasuk di Jakarta.

Nantinya, petugas Babinsa atau Bhabinkamtibmas setempat akan melakukan pendataan pelaku usaha.

Para pelaku usaha kemudian diminta untuk melampirkan data izin usaha, lokasi usaha, dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Airlangga mengatakan, bantuan akan diserahkan langsung oleh para petugas, serta akan ada tanda terima bagi penerima bantuan dan disertai dokumentasi foto.

Baca Juga: Khusus Driver Gojek, Ini Cara Dapat Bantuan Sembako di Alfamart

“Bantuan tunai untuk PKL, warung, warteg, akan segera dijalankan karena seluruh regulasi sudah lengkap,” ujar Airlangga.

Source : Kompas.com

Editor : Presi

Baca Lainnya

Latest