Follow Us

Turun Harga, Catat Daftar Lengkap Harga Tes PCR di Kimia Farma, Berapa Biaya Tes Antigen?

Wulan - Kamis, 19 Agustus 2021 | 09:00
Ilustrasi tes PCR untuk Covid-19
Medical photo created by freepik - www.freepik.com<

Ilustrasi tes PCR untuk Covid-19

CERDASBELANJA.ID – Kementerian Kesehatan (Kemenkes), resmi menetapkan tarif tertinggi pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR).

Kini, harga tes PCR turun menjadi Rp495 ribu untuk pulau Jawa dan Bali, serta Rp525ribu untuk luar pulau Jawa dan Bali.

Tarif tersebut, ditetapkan melalui Surat Edaran Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan nomor HK.02.02/I/2845/2021 Tentang Batas Tarif Tertinggi Pemeriksaan Reserve Transcription Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) yang berlaku mulai Selasa, 17 Agustus 2021.

Baca Juga: Kemenkes Berlakukan Aplikasi Pedulilindungi, Hindari Bukti PCR Palsu

Sejalan dengan penurunan harga tes PCR ini, maka PT Kimia Farma Tbk ikut menurunkan harga tes PCR dan Antigen.

Mengutip dari Kompas.com, saat ini harga pengetesan Covid-19 di perusahaan tersebut paling mahal dibanderol Rp495.000 untuk PCR dan Rp125.000 untuk Antigen.

Direktur Utama Kimia Farma Verdi Budidarmo mengatakan, Kimia Farma langsung melaksanakan arahan pemerintah tentang penurunan tarif tes PCR, sebagai bentuk komitmen untuk memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia.

“Dengan demikian akan semakin mudah bagi masyarakat untuk mengakses tes Covid-19 yang berujung pada perbaikan iklim kesehatan Indonesia secara menyeluruh," ujar Verdi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (18/8/2021).

Sementara itu, Plt. Direktur Utama PT Kimia Farma Diagnostika (KFD) Agus Chandra menambahkan, pihaknya akan menjalankan perintah untuk menurunkan harga tes PCR dengan sebaik-baiknya.

"Selain menurunkan harga tes PCR Rp495.000, kami juga menurunkan tarif/harga swab/rapid test antigen. Harga swab antigen menjadi Rp85.000 untuk jenis alat regular dan untuk merk Abbot Panbio turun jadi Rp125.000," kata dia.

Baca Juga: Dorong Testing, Presiden Minta Harga Tes PCR Turun Jadi Rp450 Ribu

Menurut dia, Kimia Farma sebagai bagian dari Holding Farmasi BUMN berkomitmen untuk menjalankan tugas pemeriksaan Covid-19, guna memberi pelayanan terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Source : Kompas.com

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest