Follow Us

Sudah Dibuka, Catat Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 18

Wulan - Rabu, 18 Agustus 2021 | 10:00
Pendaftaran bantuan pemerintah Rp 3,55 juta dari Kartu Prakerja gelombang 18 belum dibuka
Facebook.com/Ferry

Pendaftaran bantuan pemerintah Rp 3,55 juta dari Kartu Prakerja gelombang 18 belum dibuka

CERDASBELANJA.ID – Pemerintah resmi membuka pendaftaran program Kartu Prakerja Gelombang 18.

Sebagaimana diketahui, program Kartu Prakerja diberikan pemerintah sejak adanya pandemi tahun 2020 lalu.

Fokus dari program Kartu Prakerja ini, adalah pelatihan untuk meningkatkan masyarakat agar mampu bersaing di pasar nasional dan pasar global.

Baca Juga: Resmi! Kemenkes Umumkan Harga Tes PCR Turun Jadi Rp495 Ribuan Khusus Jawa-Bali, Ini Komponen Harganya

Adapun sasaran program Kartu Prakerja ini, ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Mengutip dari Kompas.com, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan, pembukaan Program Kartu Prakerja ini adalah bagian dari usaha pemerintah untuk membantu masyarakat yang terdampak karena adanya pandemi Covid-19.

“Pemerintah sangat memahami kesulitan yang dialami masyarakat akibat pandemi ini dan berharap masyarakat dapat tetap tangguh dan tumbuh dengan memanfaatkan program Kartu Prakerja. Mereka yang berhasil menjadi penerima Kartu Prakerja hendaknya serius mengikuti pelatihan yang dapat mendukung kehidupan ekonomi selama dan pasca pandemi,” papar Denni dalam keterangan tertulisnya seperti dikutip Kompas.com, Senin (16/8/2021).

Pendaftar Program Kartu Prakerja gelombang 18, terbuka bagi semua WNI 18 tahun ke atas, baik pencari kerja, lulusan baru, korban PHK, karyawan, maupun pelaku wirausaha tetapi tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Pendaftar Kartu Prakerja juga tidak boleh tercatat di DTKS Kemsos, bukan penerima BSU, BPUM, bukan TNI/Polri, ASN, Kepala Desa/Perangkat Desa, Komisaris BUMN/BUMD, Anggota DPR, DPRD.

Jika berminat mengikuti program Kartu Prakerja, kita bisa mengakses tautan www.prakerja.go.id.

Baca Juga: Belum Merata, Gojek Ungkap Alasan UMKM Masih Belum Go Digital

Pada semester II kali ini, jumlah anggaran yang dialokasikan untuk Kartu Prakerja sebesar Rp10 triliun dengan jumlah peserta total sebanyak 2,8 juta.

Source : Kompas.com

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest