CERDASBELANJA.ID – Berdiri sejak 17 Agustus 2009, Tokopedia konsisten membantu jutaan penjual di platform-nya untuk menciptakan peluang lewat teknologi.
Senior Lead Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia Ivander Wijaya mengatakan, pemerataan ekonomi digital di Indonesia, hanya bisa terwujud jika masyarakat punya kesempatan sama.
Khususnya, dalam menemukan berbagai produk kebutuhan dengan mudah sampai menciptakan peluang usaha, bahkan di tengah pandemi.
Baca Juga: Digitalisasi Pasar Tradisional, Upaya Tokopedia Tingkatkan Daya Saing
“Ini melatarbelakangi kehadiran inisiatif Hyperlocal yang akan terus diusung di usia baru Tokopedia,” ujar Ivander dikutip dalam diskusi virtual, Sabtu (7/8).
Ivander melanjutkan, inisiatif Hyperlocal Tokopedia bertujuan agar para pelaku usaha bisa memiliki kesempatan yang sama.
Terutama dalam mengembangkan usaha, serta meningkatkan daya saing bisnis melalui teknologi.
Inisiatif Hyperlocal yang diluncurkan pertengahan 2020 lalu, telah mendorong peningkatan transaksi di Tokopedia selama Q2 2021 dibanding Q2 2020.
Di Jabodetabek misalnya, kategori Kesehatan dan Perawatan Diri, Fashion, Ibu dan Anak serta Fesyen Anak, Kecantikan dan Otomotif menjadi kategori yang paling laris.
Di sisi lain, kategori dengan pertumbuhan paling pesat selama Q2 2021 di Palembang sedikit berbeda.
Baca Juga: Inisiatif Hyperlocal, Tokopedia Mulai Digitalisasi Pasar Tradisional
Di antaranya adalah kategori Ibu dan Anak serta Fesyen Anak, Fashion, Kesehatan dan Perawatan Diri, Makanan dan Minuman, serta Kecantikan.