Follow Us

5 Cara Jalin Komunikasi dengan Pembeli ala Tokopedia, Khusus Seller

Wulan - Selasa, 29 Juni 2021 | 20:05
Ada banyak cara untuk menjalin komunikasi yang baik dengan pembeli.
seller.tokopedia.com

Ada banyak cara untuk menjalin komunikasi yang baik dengan pembeli.

CERDASBELANJA.ID – Salah satu hal yang penting dalam menjalankan bisnis online, adalah menjalin komunikasi yang baik dengan pembeli.

Sangat penting bagi pemilik bisnis online untuk mengetahui etika berkomunikasi yang baik kepada pembeli.

Hal ini dilakukan agar bisa menjaga hubungan yang baik dengan pembeli, serta membuat mereka nyaman dan menjadi pelanggan tetap kita.

Baca Juga: 5 Cara Mencapai Target Bisnis Online ala Tokopedia, Pasti Sukses

Meski kelihatannya mudah, tetapi masih banyak tips jalin komunikasi dengan pembeli yang tidak banyak diketahui pebisnis online.

Usahakan untuk menerapkan tips jalin komunikasi dengan pembeli agar performa toko kita meningkat dan bisnis online bisa berkembang.

Untuk membantu kita, Tokopedia memberikan beberapa cara jalin komunikasi dengan pembeli yang bisa diterapkan.

1. Balas Chat dengan Ramah

Tips jalin komunikasi dengan pembeli yang pertama, adalah membalas chat dengan ramah. Saat kita melakukan interaksi dengan pembeli, tunjukkan keramahan di setiap obrolan chat kita.

Berperilaku sopan juga sangat penting, ucapkan perkataan yang sesuai dengan pelanggan. Seperti santai dengan pelanggan usia muda, serta baku pada pelanggan yang lebih tua.

Hindari kata-kata yang dapat menyakitkan perasaan pembelimu seperti “jangan cuma beli satu ya” atau “kenapa lagi kak?”.

Baca Juga: 5 Peluang Usaha Sampingan untuk Pelajar ala Tokopedia, Modal Minim!

2. Ucapkan Terima Kasih dan Maaf

Tips jalin komunikasi dengan pembeli yang kedua, adalah jangan lupa mengucapkan terima kasih dan maaf. Selama kita berinteraksi dengan pembeli, jangan lupakan dua kata yang bisa membuat mereka tenang, yaitu “terima kasih” dan “maaf”.

Pada saat pembeli telah menyelesaikan transaksi, kita dapat mengucapkan terima kasih dan mengajaknya untuk menilai produkmu di kolom ulasan produk.

Namun, ketika produk yang dicarinya sedang kosong atau ada kesalahpahaman yang terjadi, kita dapat mengatakan “maaf” terlebih dahulu sebelum menjelaskan situasinya.

3. Tetap Sabar

Tips jalin komunikasi dengan pembeli yang ketiga, adalah usahakan untuk tetap sabar di segala situasi. Jika seorang pembeli mengajukan komplain kepada toko kita dan berusaha menyalahkan kita, maka jangan terbawa emosi.

Dengarkan dengan baik keluhan dan maksud pelanggan, setelah itu kumpulkan fakta dan data yang kita punya. Jelaskan kesalahpahaman yang terjadi dengan bijak. Jangan lupa untuk tawarkan solusi terbaik yang bisa kita berikan kepada pembeli.

Apabila permasalahan dengan pembeli tidak dapat diselesaikan dengan kedua belah pihak, kita tidak boleh menyalahkannya atau mengabaikannya. Ajak pembeli untuk menyelesaikan masalahnya di pusat resolusi agar dapat dibantu diselesaikan oleh pihak Tokopedia.

Baca Juga: 5 Tips Jualan Online untuk Pemula ala Tokopedia, Dijamin Manjur!

4. Tawarkan untuk Ganti Produk

Tips jalin komunikasi dengan pembeli yang keempat, adalah tawarkan untuk mengganti produk jika terjadi kerusakan.

Apabila ada pembeli tidak cocok dengan produknya, ada kesalahan ukuran, atau produk rusak karena pengiriman, kita dapat menawarkan ganti produk agar pembeli tidak kecewa.

Hal ini bisa menjadi solusi, agar pembeli puas dengan pelayanan toko dan memutuskan menjadi pelanggan tetap di toko kita.

5. Hargai Pelanggan

Tips jalin komunikasi dengan pembeli yang kelima, adalah hargai pelanggan. Seorang pemilik bisnis online perlu bersikap menghargai setiap calon pembeli.

Baca Juga: 4 Tips Maksimalkan Penjualan ala Tokopedia, UMKM Lokal Wajib Tahu!

Pasalnya, pembeli juga akan merasa nyaman dan senang berbelanja apabila dihargai oleh penjual. Cara menghargai calon pembeli pun bermacam-macam.

Kita bisa mendengarkan permintaan pembeli dengan perhatian, sapa pembeli yang bertanya di kolom chat atau diskusi, serta melayani pembeli dengan ramah tanpa memandang jumlah yang dibelinya. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest