Follow Us

Cara Beli Saham untuk Investasi, Investor Pemula Wajib Catat

Wulan - Selasa, 30 Maret 2021 | 22:00
Cara Membeli Saham untuk Investasi, Investor Pemula Wajib Catat
iStockphoto

Cara Membeli Saham untuk Investasi, Investor Pemula Wajib Catat

CERDASBELANJA.ID – Saham adalah sebuah bukti kepemilikan nilai sebuah perusahaan atau penyertaan modal dari seseorang, di dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas.

Melalui kepemilikan modal tersebut, maka seseorang memiliki klaim atas pendapatan dan aset perusahaan yang disebut dividen.

Sebuah saham mewakili kepentingan kepemilikan di sebuah perusahaan. Bisa dibilang, dengan memiliki saham berarti kita juga sudah menjadi bagian dari pemilik perusahaan tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Saham? Investasi yang Disebut Berisiko Tinggi, Ini Jawabannya

Selain itu, pemegang saham juga berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang kerap digelar perusahaan terkait.

Jika tertarik untuk berinvestasi saham, berikut adalah cara membeli saham di pasar modal.

1. Riset Saham

Sebelum mulai berinvestasi dan mengetahui cara membeli saham, kita perlu melakukan riset terkait saham apa yang ingin dibeli.

Kita juga perlu mencari tahu dengan detail seperti apa profil perusahaan dan trennya saat ini.

Jangan lupa meriset kinerja perusahaan di masa lalu. Apakah perusahaan punya utang atau masalah finansial lain yang tidak terselesaikan.

Pertimbangkan dengan saksama kinerja perusahaan sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Ikuti seminar dan berbagai komunitas, agar informasi yang didapatkan bisa lebih bervariasi.

Baca Juga: Investor Pemula Wajib Tahu Apa Saja Jenis Saham, Ada Banyak Pilihan

1 2 3

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest