Follow Us

Millennials, Kenali Apa Itu Konsep Hidup Minimalis ala Frugal Living

Wulan - Senin, 18 Januari 2021 | 13:08
Millennials, Kenali Apa Itu Konsep Hidup Minimalis ala Frugal living
Kompas.com

Millennials, Kenali Apa Itu Konsep Hidup Minimalis ala Frugal living

CERDASBELANJA.ID – Pada masa pandemi ini, banyak masyarakat yang mulai mengubah gaya hidupnya. Hal ini dipicu oleh pembatasan aktivitas yang menimbulkan meningkatnya tingkat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan tingkat pengangguran.

Tidak heran, saat ini banyak orang yang mulai menggunakan gaya hidup frugal living.

Apa itu frugal living? Frugal living adalah gaya hidup yang diterapkan agar kita bisa lebih pintar dalam mengatur keuangan.

Baca Juga: Investasi Lewat Metode Pinjaman, Kenali Apa Itu Sistem P2P Lending

Pada saat menjalani frugal living, kita diharapkan mampu mengetahui berapa banyak uang yang dimiliki dan berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk membayar sejumlah tagihan tiap bulan.

Melalui hal ini, kita diharapkan dapat membuat keputusan yang bijak dan tepat dalam membelanjakan uang.

Gaya hidup frugal living bisa membantu kita dalam menahan diri, lebih disiplin soal keuangan, serta tidak menumpuk barang sia-sia di rumah. Untuk itu, konsep frugal living ini akan sangat cocok digunakan oleh para millenials yang kerap dianggap sulit mengatur keuangan.

Kemudian, bagaimana cara menerapkan frugal living? Jika mulai tertarik menggunakan konsep frugal living, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Buat Anggaran Belanja

Untuk menerapkan konsep frugal living, kita perlu membaut anggaran belanja yang dibutuhkan setiap bulan. Pastikan anggaran belanja ini hanya berisi kebutuhan pokok dan esensial yang memang dibutuhkan sehari-hari.

Hindari membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan, dengan menghemat pengeluaran ini kita bisa menggunakan uang untuk pengeluaran lain yang lebih penting.

Baca Juga: Promo Cooking Fair Alfamidi, Masak dengan Harga Serba Diskon

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest