Follow Us

Tarif Naik, Ruas Tol Jakarta-Cikampek Bisa Ditempuh Lebih Cepat

Yunus - Minggu, 17 Januari 2021 | 14:16
Mulai Minggu (17/1), tarif tol Jakarta-Cikampek naik.
KOMPAS.COM

Mulai Minggu (17/1), tarif tol Jakarta-Cikampek naik.

CERDASBELANJA.ID – Hari ini, Minggu (17/1) tarif tol Jakarta-Cikampek resmi mengalami kenaikan.

Meski tarif naik, ruas tol Jakarta-Cikampek bisa ditempuh lebih cepat dari sebelumnya.

Pasalnya, penambahan lajur dan efisiensi transaksi memengaruhi kelancaran arus kendaraan.

Baca Juga: Hari Ini Tarif Tol Jakarta-Cikampek Naik, Berikut Rincian Lengkapnya

Seperti dilansir dari Kompas.com, Direktur Utama PT Jasamarga Jalan layang Cikampek (JJC), Vera Kirana, menyebut penambahan kapasitas dari 4 lajur menjadi 6 lajur per jalurnya memengaruhi kelancaran keseluruhan ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

“Pendistribusian kapasitas di Jakarta-Cikampek karena adanya pemisahan perjalanan jarak jauh dan jarak dekat,” kata Vera.

Hal itu akan memengaruhi peningkatan kecepatan rata-rata yang saat ini dirasakan oleh seluruh pengguna jalan, baik jarak jauh maupun jarak pendek.

Secara keseluruhan, Vera menjelaskan, dari data terlihat adanya penurunan V/C ratio atau tingkat kepadatan Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah.

Salah satunya yang tertinggi segmen Cikarang Timur-Karawang Barat, yang semula 1,07 turun jadi 0,63 (arah Cikampek), dan 1,10 turun jadi 0,63 (arah Jakarta).

Tidak hanya itu, terjadi penurunan signifikan untuk rata-rata V/C ratio di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, yang semula semula 0,80 jadi 0,56 (arah Cikampek) dan semula 0,81 jadi 0,54 (arah Jakarta).

Baca Juga: Aturan Uji Emisi Kendaraan Segera Berlaku, Ini Biaya dan Cara Ujinya

“Dengan adanya penurunan V/C ratio ini, kami mencatat peningkatan kecepatan rata-rata dari 41,96 Km/Jam jadi 57,46 Km/Jam di arah Cikampek (meningkat 36,94 persen),” kata Vera.

Source : Kompas.com

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest