Follow Us

Tips Menjadi Sukses ala Raditya Dika, Jangan Mudah Terjebak Lingkungan

Wulan - Kamis, 14 Januari 2021 | 19:30
Tips Menjadi Sukses ala Raditya Dika, Jangan Mudah Terjebak Lingkungan
instagram.com/raditya_dika/

Tips Menjadi Sukses ala Raditya Dika, Jangan Mudah Terjebak Lingkungan

CERDASBELANJA.ID - Setiap orang memang memiliki caranya tersendiri untuk menjadi sukses. Jalan yang dilalui setiap orang pun akan berbeda dan tidak akan sama.

Begitu pula dengan penulis sekaligus contect creator Raditya Dika yang sukses dan bisa memutuskan untuk pensiun di usia 30-an.

Dimulai dari menulis di blog, membuat buku, merintis ke stand-up comedy, hingga menjadi sutradara atas filmnya sendiri, merupakan jalan panjang yang telah ditempuh Raditya.

Baca Juga: Pemula, Kenali Apa Saja Keuntungan dan Risiko Investasi Crowdfunding

Tidak heran jika setiap karyanya sangat ditunggu oleh banyak orang, terlebih millennials.

Mengutip dari salah satu video di kanal YouTube-nya, Raditya juga memiliki cara dan rumusnya tersendiri untuk bisa sukses.

Berikut adalah beberapa cara untuk bisa menjadi sukses menurut pengalaman dan pengamatan Raditya Dika.

1. Jangan Terjebak dengan Self-Serving Bias

Self-serving bias adalah kecenderungan untuk menyalahkan orang lain ketika kita gagal dan terlalu memuji diri sendiri ketika berhasil.

“Contohnya kalau ujian terus nilainya jelek yang disalahkan dosen, bilang kalau dosennya sentimen sama kita, sedangkan kalau nilainya bagus yang dipuji diri sendiri bilang kalau dirinya pintar. Ini berbahaya,” ujar Raditya dikutip dari video di kanal Youtube-nya, Kamis (14/1).

Menurut Raditya, self-serving bias bisa membuat kita sulit untuk berkembang. Ini dikarenakan kita tidak pernah tahu kekurangan diri kita, padahal sejatinya hidup adalah terus-menerus memperbaiki kesalahan.

Baca Juga: Tingkatkan Nilai Diri, Simak Tips Menjadi Kaya Ala Raditya Dika

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest