Follow Us

Pemilik Bisnis Online, Kenali Apa Saja Jenis Risiko Keuangan

Wulan - Selasa, 12 Januari 2021 | 16:00
Pemilik Bisnis Online, Kenali Apa Saja Jenis Resiko Keuangan
pexels.com/@alexandermils

Pemilik Bisnis Online, Kenali Apa Saja Jenis Resiko Keuangan

CERDASBELANJA.ID – Pemilik bisnis online pasti akan familier dengan risiko keuangan. Risiko keuangan, adalah segala macam risiko yang berkaitan dengan keuangan.

Biasanya, risiko keuangan dibandingkan dengan risiko non-keuangan, seperti risiko operasional.

Risiko keuangan, biasanya muncul sebagai hasil dari pengambilan sebuah keputusan yang berpotensi memberikan kerugian di dalam bisnis yang sedang dijalankan.

Baca Juga: Promo The Body Shop Terbaru, Dapatkan Produk TBS dengan Diskon 50%

Risiko keuangan juga bisa muncul akibat adanya ketidakpastian target keuangan di dalam sebuah usaha, atau adanya ketidakpastian ukuran keuangan dalam sebuah usaha.

Risiko keuangan sangat berkaitan dengan keuangan seperti pengaruh transaksi dalam neraca, nilai tukar mata uang, kewajiban kontrak kerja, jatuh tempo pembayaran utang, risiko likuiditas suatu usaha, adanya persaingan usaha serta hal yang mengurangi fleksibilitas keuangan.

Secara umum, ada beberapa jenis risiko keuangan yang bisa dialami oleh pemilik usaha online. Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Risiko Pengeluaran yang Berlebihan (Overspend)

Permasalahan yang sering kali ditemui dalam mengelola sebuah usaha, adalah pengeluaran lebih besar daripada pendapatan.

Hal ini, sering kali menyebabkan pengeluaran sama dengan pendapatan. Masalah ini tidak bisa dianggap sepele, karena jika dibiarkan terus menerus bisa berakibat pada kegagalan bisnis.

Ini bisa terjadi karena pengusaha tidak memerhatikan kondisi keuangannya dengan baik. Mulai dari memberikan piutang kepada konsumen terlalu lama dan lupa melakukan penagihan, hingga berutang kepada supplier tanpa memerhatikan jangka waktu pembayaran.

Baca Juga: Tetap Waspada, Kenali Berbagai Risiko Keuangan Pada Bisnis Online

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest