Follow Us

Ini Beberapa Platform Crowdfunding yang Cocok Untuk Menggalang Dana

Wulan - Rabu, 13 Januari 2021 | 14:00
Beberapa Platform Crowdfunding yang Cocok Untuk Menggalang Dana
Kompas.com

Beberapa Platform Crowdfunding yang Cocok Untuk Menggalang Dana

CERDASBELANJA.ID – Di Indonesia, jenis crowdfunding yang umum dikenal masyarakat adalah donation-based crowdfunding.

Ini merupakan salah satu jenis penggalangan dana yang paling popular. Crowdfunding berbasis donasi biasanya hanya meminta sedikit sumbangan uang dari sejumlah besar orang untuk sebuah proyek.

Tipe crowdfunding yang satu ini tidak menawarkan imbalan apa pun kepada mereka yang memberikan dana. Semua dana yang terkumpul akan diberikan dalam bentuk donasi.

Baca Juga: Diduga Menipu dan Rugikan Konsumen, Pemilik Grab Toko Ditangkap

Biasanya, proyek yang didukung oleh tipe crowdfunding ini bersifat masalah sosial dan kemanusiaan yang sedang terjadi saat pendanaan dilakukan.

Crowdfunding berbasis donasi paling baik digunakan untuk mengumpulkan uang untuk kebutuhan pribadi serta proyek berbasis komunitas.

Contoh crowdfunding berbasis donasi termasuk mengumpulkan uang untuk menutupi biaya pengobatan atau bencana yang tidak terduga, atau mengumpulkan dana untuk proyek lokal seperti taman komunitas atau taman baru.

Berikut adalah beberapa situs crowdfunding yang aman dan tepercaya di Indonesia untuk menggalang dana dengan mudah dan nyaman.

1. Kolase.com

Kolase.com merupakan situs crowdfunding paling aman pertama di Indonesia yang menyajikan beragam pilihan campaign bagi pelaku industri kreatif, baik itu musisi, pegiat event, penulis buku, maupun creative planner lainnya.

Kelebihan dari platform ini ialah, saling menguntungkan antara kedua belah pihak yakni, campaigner dan juga booster, sebutan bagi pendukung creative planner yang membuat campaign. Adapun beberapa musisi yang sudah melakukan campaign-nya dan berhasil adalah, Tulus, Fourtwnty, Elephant Kind, Mocca, Dekat, dan beberapa musisi Tanah Air lainnya.

Baca Juga: 7 Langkah Cara Daftar Aplikasi Cashbac, Agar Selalu Dapat Cashback

Halaman Selanjutnya

2. Akseleran
1 2 3 4

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest