Follow Us

Pemula, Kenali Apa Saja Keuntungan dan Risiko Investasi Crowdfunding

Wulan - Kamis, 14 Januari 2021 | 11:00
Pemula, Kenali Apa Saja Keuntungan dan Risiko Investasi Crowdfunding
E+

Pemula, Kenali Apa Saja Keuntungan dan Risiko Investasi Crowdfunding

CERDASBELANJA.ID – Di dalam berinvestasi, pasti akan selalu diikuti dengan keuntungan dan risiko. Sama halnya dengan berinvestasi pada instrumen crowdfunding.

Crowdfunding adalah sebuah bentuk pendanaan untuk mereka yang membutuhkan dana dalam pengembangan usahanya, di mana pendanaan tersebut terkumpul dari beberapa orang.

Selain akses kemudahan untuk memasuki jaringan para pemberi dana yang lebih luas dan lebih besar. Crowdfunding juga memiliki sejumlah manfaat yang dapat kita rasakan seperti berikut.

Baca Juga: Catat, Ini 5 Tips Aman Investasi Reksa Dana dan Saham Secara Online

1. ‘High Risk, High Return’

Melalui investasi equity crowdfunding, kita berkesempatan memiliki saham di emiten tersebut. Melalui kepemilikan saham perusahaan, kita memiliki peluang besar untuk mendapatkan keuntungan ketika perusahaan mendapatkan untung atau bahkan dibeli oleh perusahaan yang lebih besar.

Kita mungkin akan mendapatkan keuntungan berkali lipat dari dana yang kita berikan di awal seperti yang biasa didapatkan para investor di startup. Kisah sukses seperti akuisisi whatsapp oleh facebook senilai US$19 miliar atau pembelian Lazada oleh Alibaba sebesar US$1 miliar menggambarkan contoh keuntungan besar yang dapat diperoleh melalui investasi equity crowdfunding yang berupa penyertaan modal di startup.

Namun demikian, sejalan dengan tingginya potensi keuntungan yang bisa didapat, faktanya investasi equity crowdfunding dilakukan melalui penyertaan modal di usaha yang diinvestasikan, serta memiliki risiko yang tinggi. Oleh karena itu penting untuk melakukan diversifikasi untuk memitigasi risiko yang ada.

2. Kepuasan Investor

Kita dapat berinvestasi pada bisnis yang memiliki misi sesuai dengan prinsip kita.

Penggalang dana akan mengampanyekan usaha atau gerakannya dan kita dapat menanyakan detail dari bisnis yang akan kita danai.

Ini akan memberi kepuasan mendalam bagi kita untuk dapat memilih berinvestasi pada sesuatu yang ingin kita wujudkan.

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest