Genap Berusia 3 Tahun, Penghasilan Para Mitra Tokopedia Meningkat

Kamis, 04 November 2021 | 18:00
Dok. Tokopedia

Mitra Tokopedia sukses berdayakan pengusaha lokal

CERDASBELANJA.ID – Survei Tokopedia mengenai dampak Mitra Tokopedia pada Oktober 2021 mencatat, sekitar 80% pegiat usaha tradisional menjadikan Mitra Tokopedia berperan sebagai usaha tambahan.

Khususnya, untuk membantu situasi finansial mereka selama pandemi. Beberapa pegiat usaha tradisional ini, misalnya seperti pemilik warung, toko kelontong, dan usaha sejenis lainnya.

AVP of New Retail Tokopedia John Hadiwidjaja mengungkap, 9 dari 10 penjual mengalami peningkatan penghasilan lebih dari 50% setelah bergabung dengan Mitra Tokopedia.

“Mereka pun mengaku dapat meningkatkan kesejahteraan dengan memiliki tabungan, membayar sekolah anak, dan terbebas dari utang,” ujar John dalam diskusi virtual, Selasa (2/11).

Di dalam rangka HUT ke-3 Mitra Tokopedia, Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki turut menyampaikan apresiasinya.

Teten berharap, Mitra Tokopedia senantiasa mengambil peran dalam mengakselerasi digital pelaku UMKM, khususnya pegiat usaha tradisional, para pedagang warung.

Baca Juga: Cara Jualan Online Hingga Untung Dua Kali Lipat dengan Mitra Tokopedia

“Saya harap tidak hanya mampu meningkatkan jumlah warung yang terhubung ke dalam ekosistem digital, tetapi juga meningkatkan literasi digital dan juga kesejahteraan para pemilik warung yang tergabung dengan Mitra Tokopedia,” tambah Teten.

Survei Mitra Tokopedia juga mencatat, hampir 60% penjual yang menggunakan fitur Grosir di Mitra Tokopedia mengaku lebih efisien.

Pasalnya, mereka bisa memanfaatkan promo di aplikasi dan bertambah penghasilannya karena tidak perlu menutup toko, ketika memperbarui stok produk dagangan mereka.

Hal ini juga dirasakan oleh Elisa Pakpahan, penjual produk grosir asal Medan. Elisa mengatakan, biasanya membeli stok produk grosir ke toko offline menjadi hambatan bagi dirinya sebagai seorang difabel.

“Namun, sejak bergabung dengan Mitra Tokopedia, membeli stok produk jadi jauh lebih mudah karena ada fitur Grosir. Omzet bulanan saya pun meningkat, hingga puluhan juta rupiah,” tutur Elisa.

Di sisi lain, ada juga Ida Fitriani, guru honorer di Kutai Barat dan pemilik Barokah Cell. Ida menjelaskan, kemudahan membeli produk digital melalui Mitra Tokopedia mendatangkan lebih banyak pelanggan.

Baca Juga: Pakai Mitra Tokopedia, Transaksi Pelaku UMKM Meningkat 2x Lipat

“Transaksi bulanan saya juga meningkat lebih dari 2x lipat. Apalagi di masa pandemi, pulsa telepon dan paket data, menjadi salah satu kebutuhan untuk bekerja atau sekolah dari rumah,” ungkap Ida.

Selama tiga tahun terakhir, Tokopedia melalui ekosistem Mitra Tokopedia juga gencar berkolaborasi, termasuk dengan pemerintah, dalam membantu pegiat usaha di Indonesia agar dapat meraja di negeri sendiri. Mengingat UMKM berkontribusi lebih dari 60% terhadap PDB Indonesia.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni menjelaskan, melalui penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan Kemenkop UKM dalam program Digitalisasi Warung pada 3 November 2021 nanti, Tokopedia berharap dapat membantu pegiat usaha tradisional.

Tentunya agar bisa berkontribusi terhadap perekonomian digital khususnya di tengah pandemi.

Tokopedia juga akan melakukan program bimbingan, kepada pegiat usaha yang tergabung dalam program ini.

Bimbingan teknis, meliputi cara memulai bisnis di Tokopedia dan cara mendaftarkan Nomor Induk Berusaha (NIB) secara daring.

Baca Juga: Banyak Manfaat, Layanan Mitra Tokopedia Bantu UMKM di Tengah Pandemi

“Dengan demikian, lebih mudah mengakses program bantuan dari pemerintah dan memperoleh perlindungan hukum terhadap usaha,” tambah Astri.

Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop dan UKM RI Eddy Satriya mengatakan, di tengah pandemi sangat penting bagi usaha tradisional, seperti warung dan toko kelontong, untuk dapat bertransformasi lewat pemanfaatan teknologi.

“Upaya bersama Tokopedia dalam program pelatihan bisnis daring, pendampingan, serta advokasi terkait izin usaha ini diharapkan dapat memudahkan para pegiat UMKM mengembangkan bisnis,” katanya

Di sisi lain, ada juga kolaborasi dengan ‘Sobat Mitra’ yang bertugas membantu penjual yang bergabung dengan Mitra Tokopedia di lapangan.

Berdasarkan survei Mitra Tokopedia, sebagian besar penjual merasa terbantu dengan keberadaan Sobat Mitra. Terutama, terkait kemudahan memperoleh informasi dan pengetahuan dalam penggunaan aplikasi Mitra Tokopedia.

Mitra Tokopedia memberikan kemudahan bagi masyarakat, dalam memenuhi kebutuhan produk grosir maupun digital.

Baca Juga: Bukan Halu Untungnya, Mitra Tokopedia Kini Bisa Terima Bayar Pajak

“Tingginya antusiasme masyarakat dalam memenuhi kebutuhan berbagai produk dari warung atau toko kelontong terlihat dari hasil survei, yaitu 9 dari 10 penjual menambah jenis dan jumlah produk yang dijual setelah bergabung dengan Mitra Tokopedia,” jelas John.

Beberapa produk digital paling populer di Mitra Tokopedia, meliputi pembayaran BPJS, air dan listrik. Sementara itu, produk Grosir juga meningkat nilai transaksinya hingga 12x lipat, dibandingkan dengan tahun pertama Mitra Tokopedia diluncurkan.

Saat ini, Mitra Tokopedia telah digunakan oleh jutaan pegiat usaha tradisional, untuk melayani puluhan juta masyarakat di lebih dari 500 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

Mitra Tokopedia juga telah menjangkau wilayah Aceh, Medan, Pekanbaru, Padang, Jambi, Palembang, Bengkulu, Lampung, Jabodetabek, Bandung, Cirebon, Sukabumi, Solo, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang, Denpasar, Mataram, Makassar, Manado dan Pontianak.

“Inisiatif yang dihadirkan oleh Mitra Tokopedia selama tiga tahun terakhir dilakukan tidak hanya demi membantu para pegiat usaha tradisional. Namun juga, seluruh masyarakat di Indonesia agar dapat #BangkitBersama dalam memulihkan ekonomi negeri yang saat ini terdampak pandemi,” tutup John. (*)

tBaca Juga: Masih Belum Tahu? Kini Bazar Buku Big Bad Wolf Hadir Lagi di Tokopedia

Editor : Yunus

Baca Lainnya