Follow Us

facebookinstagramyoutube_channeltwitter

Ini Strategi Gofood Indonesia Jadi yang Terdepan dalam Layanan Pesan Antar Makanan Online

Yunus - Minggu, 22 Januari 2023 | 21:00
Strategi Gofood dalam layanan pesan antar makanan.
DOK. GOJEK INDONESIA

Strategi Gofood dalam layanan pesan antar makanan.

CERDASBELANJA.ID – Siapa yang enggak kenal Gofood? Layanan pesan antar makanan online ini makin populer.

Bahkan Gofood Indonesia dianggap jadi yang terdepan dalam layanan pesan antar makanan.

Mungkin banyak yang penasaran, apa strategi Gofood Indonesia jadi yang terdepan?

Dalam email yang dikirimkan, Gofood menyebut kembali mengukuhkan kepemimpinannya di Indonesia.

Serta memperkuat basis layanannya di Vietnam.

Kinerja online food delivery (OFD) Gojek, bagian dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai transaksi di Indonesia dan Vietnam.

Peningkatan itu di atas rata-rata industri pesan-antar makanan Asia Tenggara berkat pertumbuhan jumlah pelanggan setia.

Juga meningkatnya rata-rata nilai transaksi per pelanggan di semester II - 2022.

Dibandingkan tahun 2021, nilai transaksi Gofood Indonesia dan Vietnam berhasil tumbuh dari dua kali lipat lebih tinggi dari rata-rata industri serupa di Asia Tenggara di tahun 2022.

Kinerja positif Gofood selama tahun 2022 disokong oleh peningkatan proporsi pelanggan setia di Indonesia, dari 38% jadi 52% dari total jumlah pelanggan Gofood.

Tren positif bisnis Gofood di Indonesia diikuti bisnis Gofood di Vietnam, yang mana nilai transaksi meningkat lebih dari dua kali lipat dibanding tahun 2021.

Baca Juga: GoFood Hadirkan Festival Kuliner Hunger Gems, Belanja Makanan Banyak Promo

Kesuksesan ini merupakan wujud keberhasilan strategi Gofood yang berfokus pada pertumbuhan basis pelanggan setia dan berkualitas melalui inovasi produk.

Catherine Hindra Sutjahyo, Director/Head of Food and Indonesia Sales & Ops PT GoTo Gojek Tokopedia, Tbk mengungkapkan setiap inovasi di Gofood berfokus untuk mengembangkan solusi produk agar pelanggan semakin setia.

“Pelanggan memiliki keinginan dan perilaku konsumsi makanan yang berbeda-beda," kata Catherine.

Dengan berbekal pengalaman, Gofood selama delapan tahun jadi ahli di pasar OFD, menganalisis dan memanfaatkan data untuk memetakan kebutuhan setiap pelanggan (personalisasi).

"Agar dapat menghadirkan pilihan yang tepat supaya konsumen semakin loyal terhadap layanan kami,” tambah Catherine.

Tidak hanya di sisi pelanggan, Gofood juga mampu mengembangkan solusi bagi mitra usaha kuliner agar mereka dapat menargetkan segmen pelanggan dengan lebih efektif.

Secara bersamaan, Gofood juga membantu mitra usaha kuliner meningkatkan keahlian mengelola bisnis secara berkelanjutan.

Tujuannya agar basis pelanggan setia di Gofood dapat tumbuh dan mendukung bisnis yang sehat tanpa ketergantungan pada promosi.

Langkah Gofood menuju pertumbuhan yang sehat dalam rangka mempercepat profitabilitas meliputi tiga strategi utama:

Memperkuat brand Gofood sebagai layanan OFD yang memberikan pengalaman kuliner paling menyenangkan dengan rekomendasi tepat berbasis teknologi pencarian.

Teknologi ini mampu merekomendasikan menu makanan dan pilihan resto yang sesuai dengan selera, histori, dan budget masing-masing pelanggan.

Baca Juga: Cara Pesan Makanan di Gofood Pakai Tokopedia, Dapat Promo Terbaik!

Mengembangkan teknologi machine learning untuk alokasi promo yang lebih efektif ke calon pelanggan (potential user), pelanggan baru (new user), maupun yang telah menjadi pelanggan Gofood (existing user) yang dapat didorong menjadi pelanggan setia.

Meningkatkan efisiensi dari promo yang dilakukan secara mandiri oleh mitra usaha Gofood (merchant funded promo) untuk membantu meningkatkan pendapatan mitra usaha sekaligus menekan biaya pemasaran mereka.

Sepanjang tahun 2022, Gofood sukses menjalankan beragam inisiatif yang menghadirkan solusi atas kebutuhan pelanggan serta mendukung pertumbuhan bisnis.

Mode Hemat, misalnya, hadir untuk memberikan opsi biaya ongkir yang lebih terjangkau untuk menjaga daya beli pelanggan.

Selain itu, Gofood juga meluncurkan menu dengan porsi lebih kecil dengan harga lebih terjangkau.

Lebih lanjut, paket berlangganan Gofood PLUS juga semakin memperoleh animo positif dari masyarakat yang mana jumlah paket langganan naik hampir 60% dibandingkan tahun sebelumnya.

Sejalan dengan apa yang dihadirkan untuk pelanggan, Gofood juga menjaga keberlangsungan ekosistem agar para mitra usaha kuliner dapat terus mengembangkan bisnisnya.

Termasuk melalui Dapur Bersama yang merupakan layanan cloud kitchen untuk mendorong ekspansi mitra usaha dan mendekatkan pelanggan dengan kuliner favorit mereka.

Pada 2022, di tengah maraknya layanan cloud kitchen yang gulung tikar di industri OFD, jumlah Dapur Bersama GoFood justru meningkat 170% dibandingkan tahun 2021.

Yakni menjadi 73 lokasi Dapur Bersama yang tersebar di 12 kota besar di Indonesia.

Sementara, jumlah mitra usaha kuliner Gofood di Indonesia pada 2022 meningkat sebanyak 45% dibanding 2021. (*)

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular

x