Follow Us

Cari Tahu Apa Itu Smart Meter PLN? Disebut Lebih Efisien dari Meteran Listrik Biasa

Annisa Octaviana - Kamis, 29 Desember 2022 | 17:00
Ilustrasi meteran listrik
Tribun Jabar

Ilustrasi meteran listrik

CERDASBELANJA.ID – Demi meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan, PT PLN (Persero) akan mengimplementasikan smart meter.

Pada Kamis (22/12) kemarin, PLN bersama Stage Grid Corporate of China (SGCC) menandatangani kontrak Pengadaan Managed Services (Sewa Beli) Advance Metering Infrastructure (AMI) alias smart meter di Jakarta.

Dilansir dari laman PLN, penandatanganan tersebut dilakukan dalam rangka pengembangan smart meter berbasis teknologi AMI untuk menghadirkan sistem jaringan listrik yang canggih dan akurat.

Sebagai bagian dari terobosan Smart Grid, AMI bakal melengkapi digitalisasi pelayanan PLN pada sisi pelanggan.

Untuk diketahui, Smart Grid adalah sistem jaringan untuk mengelola kebutuhan listrik secara digital.

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PT PLN (Persero), menjelaskan dalam dua setengah tahun terakhir, PLN terus melakukan Inovasi, Transformasi dan Efisiensi berbasis digital.

“Jadi selama 2,5 tahun terakhir, PLN telah bekerja keras untuk mengimplementasikan smart meter dalam rangka transformasi sebagai pilar penting Smart Grid,” ucap Darmawan.

Lantas, apa yang dimaksud dengan smart meter?

Melansir dari laman PLN, smart meter merupakan perangkat elektronik yang memiliki kemampuan untuk melacak dan mencatat penggunaan listrik yang terhubung di rumah pelanggan.

Baca Juga: Dikritik Bisa Buat Uang Belanja Jebol, PLN Batalkan Program Kompor Listrik

Source : Kompas.com, Web.pln.co.id

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest