Follow Us

Bantu UKM Gaet Minat Belanja Konsumen, COSMOS Hadir Sebagai Solusi

Wulan - Rabu, 21 Desember 2022 | 19:00
COSMOS bantu UKM tingkatkan minat belanja konsumen
Dok. COSMOS

COSMOS bantu UKM tingkatkan minat belanja konsumen

CERDASBELANJA.ID – Belakangan ini, semakin banyak Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang melebarkan sayapnya dan bersaing untuk menggaet lebih banyak minat belanja konsumen.

Tidak heran, para UKM ini butuh bekal mumpuni untuk bisa bersaing dengan lebih cerdas dan bisa mendapatkan keuntungan dari belanja konsumen.

Untuk membantu UKM menarik minat belanja konsumen, lembaga think tank independen COSMOS (Center for SME Movements) pun diluncurkan guna mengangkat daya saing UKM Indonesia di tingkat nasional dan global, untuk mendukung tercapainya kesejahteraan sosial bangsa.

Lembaga ini, dimulai dari sebuah keyakinan bahwa UKM merupakan bagian tak terpisahkan dari budaya dan kekuatan ekonomi Indonesia.

Peluncuran ini, dilaksanakan di Museum Nasional Indonesia dan disaksikan langsung oleh tiga kementerian, serta ratusan tamu eksekutif yang mewakili akademisi, industri, komunitas, serta media. COSMOS akan menghadirkan dukungan strategis dan taktis kepada UKM melalui tiga cara.

Pertama, melakukan kajian dan penelitian untuk membantu para pihak pengambil keputusan atau pembuat kebijakan di tingkat daerah dan nasional.

Kedua, ikut meningkatkan pengetahuan dan keterampilan UKM melalui pendampingan langsung di lapangan.

Ketiga, berperan aktif dalam penciptaan nilai (value creation) di sepanjang rantai pasok untuk menghasilkan produk atau jasa sesuai permintaan maupun yang dapat ditawarkan kepada pasar.

Executive Director COSMOS Titah Yudhistira menjelaskan, dunia usaha memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman bisnis yang bisa membantu UKM naik kelas.

“Tujuan COSMOS adalah membantu mendistribusikan informasi ini kepada semua pihak untuk meratakan kesempatan bisnis," ujar Titah dalam keterangannya, dikutip Selasa (20/12).

Titah menambahkan, “Mengingat UKM memiliki peran yang sangat besar terhadap perekonomian Indonesia, namun di sisi lain potensi dan tantangan yang dihadapi juga muncul secara beriringan, dan salah satu tantangan tersebut adalah aksesibilitas terhadap informasi.”

Baca Juga: WhatsApp Hadirkan Pasar WhatsApp, Belanja Produk UKM Banyak Diskon

Halaman Selanjutnya

1 2

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest