Follow Us

3 Kekurangan Bank Digital, Transaksi Belanja Bergantung Koneksi Internet

Wulan - Senin, 03 Oktober 2022 | 09:00
Sebelum transaksi belanja, simak apa saja kekurangan bank digital
iStockphoto

Sebelum transaksi belanja, simak apa saja kekurangan bank digital

CERDASBELANJA.ID – Layanan bank digital belakangan ini semakin marak digunakan karena punya banyak keunggulan untuk mempermudah belanja.

Namun, tidak hanya keunggulan, ternyata bank digital juga punya beberapa kekurangan yang bisa membatasi transaksi belanja pengguna.

Salah satu keunggulan bank digital yang utama, adalah transaksi belanjanya yang memanfaatkan layanan online, tetapi ini juga bisa merugikan jika koneksi internet kita terganggu.

Layanan perbankan digital, adalah layanan bagi nasabah bank untuk memperoleh informasi, melakukan komunikasi, dan melakukan transaksi perbankan melalui media elektronik.

Layanan ini dikembangkan dengan mengoptimalkan pemanfaatan data nasabah, dalam rangka melayani nasabah secara lebih cepat, mudah, dan sesuai dengan kebutuhan (customer experience), serta dapat dilakukan secara mandiri sepenuhnya oleh nasabah dengan memperhatikan aspek pengamanan.

Dengan demikian, bank digital memungkinkan calon nasabah dan/atau nasabah bank melakukan transaksi seperti registrasi, pembukaan rekening, transaksi perbankan (tarik tunai, transfer, dan pembayaran), serta penutupan rekening secara daring.

Selain itu, nasabah juga bisa memperoleh informasi lain dan transaksi di luar produk perbankan.

Misalnya seperti nasihat keuangan (financial advisory), investasi, transaksi sistem perdagangan berbasis elektronik (e-commerce), dan kebutuhan lainnya dari nasabah bank.

Sebelum memutuskan menggunakan bank digital, simak dulu beberapa kekurangan bank digital yang bisa menghambat nasabah.

1. Risiko Keamanan

Nasabah wajib memperhatikan risiko keamanan bank digital. Pasalnya, berbeda dengan bank konvensional, transaksi bank digital dilakukan seluruhnya secara online.

Dengan demikian, nasabah jadi lebih rentan mengalami peretasan atau pembobolan akun bank. Nasabah pun perlu rutin mengubah kata sandi aplikasi perbankan agar semakin aman. Nasabah juga perlu mengecek transaksi perbankan secara rutin, untuk mengawasi alur keluar-masuknya uang.

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest