CERDASBELANJA.ID – Sejalan dengan keadaan yang mulai membaik dan pembukaan berbagai aktivitas luar ruangan, tren belanja masyarakat pun turut meningkat.
Adanya peningkatan tren belanja masyarakat ini, terlihat dari data internal di Tokopedia.
“Tokopedia mencatat kategori Rumah Tangga, Makanan dan Minuman (Makmin), serta Kesehatan menjadi beberapa kategori paling dicari masyarakat Indonesia selama kuartal III 2022,” ungkap External Communications Senior Lead Tokopedia Rizky Juanita Azuz dalam keterangannya, dikutip Sabtu (1/10).
Pada kategori Rumah Tangga, produk benih/bibit tanaman, keran air, dan pupuk menjadi sejumlah produk yang paling banyak diburu.
Sementara itu, di kategori Makmin, produk mi instan, susu bubuk, serta biskuit dan wafer adalah produk yang paling sering dibeli.
Di kategori Kesehatan, produk masker, obat herbal, dan vitamin menjadi beberapa produk yang paling laris.
Tokopedia juga masih menggencarkan inisiatif dengan pendekatan Hyperlocal yang mengusung teknologi geo-tagging, untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat.
Melalui inisiatif Hyperlocal, Tokopedia juga mencatat beberapa tren pada kuartal III 2022 dibanding periode yang sama di 2021, yakni sebagai berikut.
Wilayah dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi, yakni Banyuasin (Sumatra Selatan), Lombok Barat (Nusa Tenggara Barat), dan Balikpapan (Kalimantan Timur),
Wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi paling tinggi, adalah Muaro Jambi (Jambi), Jenepoto (Sulawesi Selatan), dan Mappi (Papua Selatan).
Di sisi lain, Tokopedia melalui Tokopedia Salam terus berupaya menghadirkan ekosistem untuk memenuhi kebutuhan market syariah, dengan menghadirkan produk, fitur, dan layanan yang baik dan amanah.
Baca Juga: Rekomendasi Skincare dari Sukin untuk Kulit Kusam, Belanja di Shopee dan Tokopedia