CERDASBELANJA.ID – Pada kuartal II-2022 minat belanja online masyarakat semakin meningkat dengan beragam produk terlaris yang laku terjual.
Hal ini, terlihat dari adanya data produk belanja online terlaris di Tokopedia yang mengalami peningkatan signifikan.
Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya menjelaskan, ada beberapa kategori atau produk terlaris yang paling dicari masyarakat Indonesia pada kuartal II 2022.
“Di antaranya kategori Kesehatan, Makanan dan Minuman (Makmin), Rumah Tangga, Perawatan Tubuh, dan Otomotif,” ujar Ekhel dalam keterangannya, dikutip Minggu (10/7).
Pada kategori Kesehatan, beberapa produk yang paling laris, antara lain tisu, masker kesehatan, dan obat herbal.
Lain halnya di kategori Makmin, produk buah-buahan, susu bubuk, serta minyak goreng adalah beberapa produk yang paling laku.
Pada kategori Rumah Tangga, produk benih bibit tanaman, seprai dan bed cover, serta gantungan baju menjadi beberapa produk paling dicari.
Semantara itu, di kategori Perawatan Tubuh, produk parfum dan cologne, body lotion, vitamin, dan serum rambut menjadi beberapa produk yang banyak diburu masyarakat.
Di sisi lain, produk lampu motor dan mobil, aksesori body motor, serta radiator, dan komponen mobil merupakan beberapa produk paling laris di kategori Otomotif.
Baca Juga: Cara Belanja di Tokopedia NOW! Beli Sayur Online Sampai dalam 2 Jam
“Kami juga melihat temuan menarik lainnya dari perilaku belanja masyarakat. Contohnya, Tokopedia mencatat pengiriman terjauh di Tokopedia pada kuartal II 2022, adalah dari Karawang ke Ternate,” tambah Ekhel.
Tren belanja ini didorong oleh berbagai inisiatif, seperti Tokopedia Peduli Sehat yang bekerja sama dengan pegiat usaha di industri kesehatan.
Ada pula Tokopedia NOW! yang membantu masyarakat memenuhi produk harian, dalam waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran.
Kemudian, Tokopedia Nyam! yang menyediakan aneka produk makmin dari UMKM lokal.
Ada pula Home Living SALEbrations yang merupakan kampanye terbesar pada kategori Rumah Tangga, serta Cantik Fest yang menyediakan kebutuhan berbagai produk seperti kecantikan, rumah tangga, fesyen, hingga peralatan olahraga.
Tidak ketinggalan, ada Tokopedia Garage yang menyediakan berbagai kebutuhan otomotif pilihan untuk menjaga performa kendaraan.
Sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM lokal di seluruh wilayah Indonesia, Tokopedia juga terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal yang mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat. Misalnya, lewat Digitalisasi Pasar Tradisional dan kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP).
Melalui inisiatif Hyperlocal, Tokopedia mencatat beberapa tren pada kuartal II 2022 dibandingkan periode yang sama di 2021, yaitu sebagai berikut.
- Wilayah dengan kenaikan jumlah penjual paling tinggi: Manado, Balikpapan, dan Denpasar.
- Wilayah dengan peningkatan jumlah pembeli paling tinggi: Padang, Palu, dan Brebes.
- Wilayah dengan kenaikan jumlah transaksi paling tinggi: Balikpapan, Palu, dan Manado.