Follow Us

6 Rekomendasi Tempat Liburan Hidden Gem, Cocok Dinikmati Bersama Keluarga

Wulan - Kamis, 30 Juni 2022 | 11:00
6 Rekomendasi Tempat Liburan Hidden Gem
Dok. OYO

6 Rekomendasi Tempat Liburan Hidden Gem

CERDASBELANJA.ID – Destinasi ekowisata atau tempat liburan hidden gem, makin naik daun seiring transisi ke endemi yang mulai mengembalikan arus wisatawan lokal ataupun mancanegara.

Melalui konsep pariwisata alternatif yang mengutamakan aspek konservasi alam, pemberdayaan masyarakat, serta pembelajaran dan pendidikan, kemajuan ekowisata mendapat perhatian besar dari pemerintah. Tidak sedikit juga orang yang menganggap lokasi ini sebagai tempat liburan hidden gem.

Salah satunya, lewat program Desa Wisata yang digagas oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Desa wisata atau tempat liburan hidden gem ini, bertujuan untuk mempromosikan keunikan dan kearifan lokal di berbagai wilayah di Indonesia.

Sebagai salah satu pelaku industri hospitality dan pariwisata di Indonesia, OYO Hotels and Homes melihat tren ekowisata menjadi salah satu peluang strategis untuk mendorong geliat pariwisata dan industri hospitality di momentum transisi ke endemi.

Data internal OYO mencatat, terjadi peningkatan pemesanan kamar sebesar 176% pada bulan Mei 2022.

Adapun Provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, dan Sumatra Utara yang banyak menyajikan wisata alam masih menjadi destinasi favorit bagi pelanggan untuk berlibur bersama keluarga.

Tren serupa, juga diungkapkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Ia melihat, ada peningkatan signifikan pada kunjungan desa wisata selama momen liburan Lebaran 2022, terutama di desa-desa wisata yang berada di sepanjang jalur mudik.

Country Head OYO Indonesia Agus Hartono Wijaya mengatakan, pihaknya melihat bahwa ekowisata memiliki potensi besar, dengan destinasi-destinasi ekowisata biasanya dikunjungi oleh wisatawan dalam grup kecil yang aktif mencari informasi mengenai alam dan budaya, baik melalui kanal digital maupun berinteraksi dengan masyarakat sekitar.

Hal ini, sejalan dengan kolaborasi OYO dalam optimalisasi potensi destinasi ekowisata lokal desa wisata bersama Kemenparekraf.

Baca Juga: Rekomendasi Kacamata untuk Gamers dari SATURDAYS dan EVOS, Pakai Lensa Blue Light

“Kami berharap, dengan digitalisasi dan integrasi desa-desa wisata tersebut ke platform OYO, maka dapat meningkatkan visibilitas desa-desa wisata maupun destinasi-destinasi unik yang berlokasi di sekitar desa wisata tersebut,” ujar Agus dalam keterangannya, dikutip Rabu (29/6).

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest