Follow Us

3 Cara Atur Keuangan Setelah Ramadhan ala DANA, Jangan Sampai Boncos

Wulan - Selasa, 26 April 2022 | 15:00
Ilustrasi mengelola keuangan
Dok. DANA

Ilustrasi mengelola keuangan

CERDASBELANJA.ID – Momen Ramadhan (Ramadan) dan Idulfitri merupakan momen yang paling ditunggu umat muslim seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia.

Masyarakat Indonesia, memanfaatkan bulan Ramadhan ini sebagai waktu yang tepat untuk merefleksikan diri, mempererat tali silaturahmi, hingga berbagi kasih dengan berdonasi ke orang-orang yang kurang beruntung.

Namun, tidak dapat dimungkiri, Ramadhan dan Idulfitri juga identik dengan momen “bakar duit,” atau waktu saat masyarakat sibuk berbelanja tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup, tetapi juga kebutuhan tersier lain hingga mudik ke kampung halaman, terlebih dengan adanya Tunjangan Hari Raya (THR).

Berdasarkan survei Populix pada bulan Maret 2022, pengeluaran konsumen Indonesia melonjak hingga 50% saat Ramadhan.

Sebanyak 43% responden, memiliki pengeluaran berkisar 25%-50% lebih besar saat Ramadhan daripada anggaran bulanan biasanya

Sementara itu, 27% lainnya memiliki 50% pengeluaran lebih besar, 19% responden mengatakan tidak memiliki perbedaan pengeluaran, sedangkan 11% responden mengatakan pengeluarannya saat Ramadhan justru berkurang 25% dari anggaran bulanan biasanya.

VP of Corporate Communications DANA Indonesia Putri Dianita menjelaskan, DANA memahami kebutuhan masyarakat terhadap fitur yang dapat membantu mereka mengelola keuangan dengan aman, mudah, dan nyaman, khususnya di momen Ramadhan dan Idulfitri untuk menjaga kondisi keuangan tetap stabil.

“Tidak hanya memiliki fitur Rapor DANA yang dapat digunakan untuk mengelola keuangan dan meningkatkan kesehatan keuangan, kami bekerja sama dengan Emtrade juga memberikan trik jitu untuk para pengguna agar keuangan mereka tetap sehat pasca Ramadan,” ujar Putri dalam konferensi pers virtual, Senin (25/4).

Berikut adalah beberapa cara mengelola keuangan yang dapat diikuti, untuk menjaga keuangan agar tetap aman selama Ramadhan ala DANA dan Emtrade.

Baca Juga: Ini Cara Atur Keuangan Rumah Tangga, Cicilan Hanya Boleh 30% dari Penghasilan

1. Mengukur Kembali Profil Keuangan

Setelah Lebaran, jangan lupa untuk menyisihkan dana untuk berinvestasi. Sebelum menentukan jenis investasi yang akan dipilih, langkah penting pertama yang perlu dilakukan adalah melihat kembali profil keuangan.

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest