Follow Us

facebookinstagramyoutube_channeltwitter

5 Hal yang Penting Dilakukan Setelah Terima Paket Belanja Online, Pencinta Belanja Wajib Tahu

Wulan - Selasa, 15 Maret 2022 | 18:00
Aplikasi Tokopedia
Dok. Tokopedia

Aplikasi Tokopedia

CERDASBELANJA.ID – Meski masa pandemi berangsur membaik, tetapi kebiasaan belanja online masih terus digemari masyarakat.

Meski belanja online menawarkan banyak kemudahan, tetapi ada beberapa hal yang kerap dilupakan konsumen saat menerima paket.

Sejalan dengan Hari Hak Konsumen Sedunia pada 15 Maret 2022, Tokopedia membagikan 5 hal yang penting dilakukan pengguna saat menerima pesanan online.

1. Jangan Buru-buru Menyelesaikan Pesanan

Hal pertama yang perlu dilakukan konsumen saat menerima paket adalah jangan terburu-buru mengeklik opsi “Selesaikan Pesanan.”

External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya menjelaskan, pembeli harus memastikan terlebih dahulu produk yang diterima, betul-betul sesuai dengan pesanan.

“Pasalnya, jika pengguna sudah mengeklik ‘Selesaikan Pesanan,’ maka otomatis dana akan langsung diteruskan Tokopedia ke penjual,” jelas Ekhel dalam keterangannya, Senin (14/3).

2. Segera Cek Barang

Hal kedua yang perlu dilakukan konsumen saat menerima paket adalah dengan segera cek kelengkapan paket. Jangan lupa, saat membuka paket langsung ambil foto atau lakukan video unboxing sebagai bukti atas produk yang diterima.

Apabila produk yang diterima tidak sesuai dengan pesanan atau deskripsi produk, klik ‘Ajukan Komplain’ dan sertakan bukti yang diperlukan, bisa dalam bentuk foto atau video, untuk mendapatkan solusi yang terbaik.

Nantinya, dana hanya akan diteruskan Tokopedia ke penjual jika produk yang diterima sudah sesuai dengan pesanan pembeli.

Baca Juga: Waspada Pencurian Data, Ikuti Cara Menjaga Keamanan Akun Tokopedia

3. Perhatikan Batas Waktu Komplain

Hal ketiga yang perlu dilakukan konsumen saat menerima paket adalah dengan memperhatikan batas waktu pengajuan komplain barang.

Apabila barang yang diterima bermasalah, pembeli dapat mengajukan komplain dalam waktu maksimal 2x24 jam sejak status pesanan tiba di tujuan.

“Pastikan kita mengajukan komplain sesuai dengan batas waktu, supaya kendala bisa ditangani di Pusat Resolusi Tokopedia,” tambah Ekhel.

4. Cek Ongkos Kirim Akhir

Hal keempat yang perlu dilakukan konsumen saat menerima paket adalah dengan mengecek ongkos kirim akhir apakah sudah sesuai atau belum.

Jika mengalami kendala biaya pengiriman yang tidak sesuai, maka pengguna dapat mengajukan pengembalian ongkos kirim kepada penjual.

Pengguna hanya perlu mengajukan komplain, sambil menyertakan alasan biaya pengiriman berbeda lalu unggah bukti foto yang menampilkan ketidaksesuaian biaya pengirimannya.

5. Jangan Lupa Kasih Review

Hal kelima yang perlu dilakukan konsumen saat menerima paket adalah jangan lupa memberikan review kepada penjual.

Review atau ulasan dari pembeli, bisa sangat membantu penjual meningkatkan reputasi toko. Menurut Ekhel, ulasan pembeli bisa mendukung kemajuan belasan juta penjual di Tokopedia yang hampir 100%-nya UMKM.

“Tokopedia melihat tren belanja online di Indonesia terus meningkat. Tingginya animo ini, mendorong kami terus berkomitmen membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari melalui platform kami. Sekaligus menjaga kelangsungan bisnis para pegiat usaha lokal dan mendorong pemulihan ekonomi nasional,” tutup Ekhel. (*)

Baca Juga: Cara Pinjam Uang Online di Tokopedia, Cukup Gunakan Fitur Ini

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular

x