Follow Us

5 Hal yang Penting Dilakukan Setelah Terima Paket Belanja Online, Pencinta Belanja Wajib Tahu

Wulan - Selasa, 15 Maret 2022 | 18:00
Aplikasi Tokopedia
Dok. Tokopedia

Aplikasi Tokopedia

CERDASBELANJA.ID – Meski masa pandemi berangsur membaik, tetapi kebiasaan belanja online masih terus digemari masyarakat.

Meski belanja online menawarkan banyak kemudahan, tetapi ada beberapa hal yang kerap dilupakan konsumen saat menerima paket.

Sejalan dengan Hari Hak Konsumen Sedunia pada 15 Maret 2022, Tokopedia membagikan 5 hal yang penting dilakukan pengguna saat menerima pesanan online.

1. Jangan Buru-buru Menyelesaikan Pesanan

Hal pertama yang perlu dilakukan konsumen saat menerima paket adalah jangan terburu-buru mengeklik opsi “Selesaikan Pesanan.”

External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya menjelaskan, pembeli harus memastikan terlebih dahulu produk yang diterima, betul-betul sesuai dengan pesanan.

“Pasalnya, jika pengguna sudah mengeklik ‘Selesaikan Pesanan,’ maka otomatis dana akan langsung diteruskan Tokopedia ke penjual,” jelas Ekhel dalam keterangannya, Senin (14/3).

2. Segera Cek Barang

Hal kedua yang perlu dilakukan konsumen saat menerima paket adalah dengan segera cek kelengkapan paket. Jangan lupa, saat membuka paket langsung ambil foto atau lakukan video unboxing sebagai bukti atas produk yang diterima.

Apabila produk yang diterima tidak sesuai dengan pesanan atau deskripsi produk, klik ‘Ajukan Komplain’ dan sertakan bukti yang diperlukan, bisa dalam bentuk foto atau video, untuk mendapatkan solusi yang terbaik.

Nantinya, dana hanya akan diteruskan Tokopedia ke penjual jika produk yang diterima sudah sesuai dengan pesanan pembeli.

Baca Juga: Waspada Pencurian Data, Ikuti Cara Menjaga Keamanan Akun Tokopedia

Editor : Presi

Baca Lainnya

Latest