CERDASBELANJA.ID – Merayakan Hari Perempuan Sedunia pada 8 Maret lalu, Tokopedia mencatat adanya peningkatan.
Tokopedia mencatat, jumlah perempuan pelaku UMKM di Tokopedia meningkat 2,5 kali lipat di 2021 dibandingkan 2020.
Head of Product (Campaign) Tokopedia Helena menjelaskan, Tokopedia juga melihat beberapa kota di Indonesia mengalami peningkatan paling tinggi, dalam hal jumlah perempuan pegiat usaha lokal selama 2021.
“Ada Pekanbaru, Palembang, Pekalongan, Denpasar dan Balikpapan,” ujar Helena dalam diskusi virtual, Selasa (9/3).
Hal ini didorong oleh banyak inisiatif Tokopedia bersama pegiat usaha lokal, termasuk perempuan pegiat UMKM.
Mulai dari Tokopedia Beauty Awards 2021, Women in Style, serta inisiatif Hyperlocal dan turunannya seperti Tokopedia Nyam!, Festival Fashion Lokal Jawa Barat dan masih banyak lagi.
Studio Dapur adalah contoh UMKM Bandung dengan omzet puluhan juta di Tokopedia, besutan perempuan pegiat usaha, Mega Puspita dan beberapa rekannya.
Mereka memberdayakan perajin anyaman bambu, dengan berbagai latar belakang di desa Padakembang, Singaparna, Jawa Barat.
Mega menjelaskan, para perajin ini memproduksi produk anyaman bambu ramah lingkungan, seperti tudung saji, baki, alas gelas dan piring, keranjang dan lain-lain.
Baca Juga: UMKM Go International, Tokopedia dan KBRI Dorong Jewel Rocks Ramaikan Paris Fashion Week 2022
“Kami juga rutin mengedukasi para perajin bambu dan warga setempat, terkait pembuatan kerajinan bambu berkualitas agar bisa dijadikan mata pencaharian warga, sekaligus menjaga kelestarian desa,” jelas Mega.