Follow Us

5 Cara Jaga Berat Badan Ideal ala Tokopedia, Waspada Masalah Kesehatan

Wulan - Sabtu, 05 Maret 2022 | 19:00
Aplikasi Tokopedia
Dok. Tokopedia

Aplikasi Tokopedia

CERDASBELANJA.ID – Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kemenkes RI 2018, proporsi dari populasi yang memiliki faktor risiko obesitas pada penduduk berusia lebih dari 18 tahun meningkat dari 15,4% di tahun 2013 menjadi 21,8% di tahun 2018.

Risiko obesitas ini tentu sangat berbahaya karena bisa memicu timbulnya berbagai penyakit lain. Untuk itu, kita perlu menjaga berat badan ideal agar tetap sehat, serta terhindar dari risiko obesitas dini.

Di dalam rangka Hari Obesitas Sedunia pada 4 Maret lalu, Tokopedia bersama ahli membagikan beberapa cara menjaga berat badan ideal, khususnya di tengah pandemi.

1. Rutin Berolahraga

Cara menjaga berat badan ideal pertama, adalah rutin berolahraga. Menjaga berat badan ideal dan mencegah obesitas, bisa dilakukan lewat berolahraga secara rutin.

External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, kategori Olahraga menjadi salah satu kategori paling populer di Tokopedia pada 2021.

“Penjualan produk olahraga, seperti perlengkapan lari, sepatu roda, dan skateboard meningkat lebih dari 2x lipat sepanjang 2021 dibandingkan 2020,” ungkap

2. Tidur Cukup

Cara menjaga berat badan ideal kedua, adalah punya waktu tidur yang cukup dan dengan pola yang tetap.

Menurut praktisi kesehatan tidur dr. Andreas Prasadja, RPSGT., durasi tidur yang ideal adalah 7-9 jam sehari. Menurutnya, tidur yang cukup dan berkualitas, bisa membantu menghilangkan lebih banyak kalori.

“Tubuh manusia memiliki irama sirkadian yang membentuk ritme tubuh. Jika seseorang kurang tidur, maka stabilitas tubuhnya akan terganggu. Mulai dari kemampuan kognitif, daya tahan tubuh, kestabilan emosi hingga gangguan pada pencernaan dan metabolisme,” jelas Andreas.

Baca Juga: Jadi Favorit, Ini 5 Kategori Tokopedia Paling Laris di Sumatra Utara Selama 2021

Halaman Selanjutnya

3. Atur Asupan
1 2 3

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest