Follow Us

Jadi Favorit, Ini 5 Kategori Tokopedia Paling Laris di Sumatra Utara Selama 2021

Wulan - Senin, 28 Februari 2022 | 15:00
Harris Hartanto Tan pemilik UMKM Coffeenatics
Dok. Tokopedia

Harris Hartanto Tan pemilik UMKM Coffeenatics

CERDASBELANJA.ID – Inisiatif Hyperlocal yang digencarkan Tokopedia membawa dampak positif di berbagai daerah, termasuk Sumatra Utara dan Medan.

Senior Lead Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia Ivander Wijaya menjelaskan, ada beberapa kategori yang jadi favorit masyarakat saat belanja.

“Kategori Makanan dan Minuman, Kesehatan, Rumah Tangga, Otomotif, serta Perawatan Diri menjadi beberapa kategori di Tokopedia dengan peningkatan transaksi paling tinggi di Sumatera Utara pada 2021 dibandingkan dengan 2020,” ujar Ivander dalam keterangannya, dikutip Minggu (27/2).

Program turunan inisiatif Hyperlocal seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Digitalisasi Pasar, Sekolah Kilat Seller, Tokopedia Nyam dan masih banyak lainnya, merupakan upaya Tokopedia untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat.

“UMKM lokal di berbagai daerah, seperti Coffeenatics, kini bisa punya kesempatan yang sama untuk terus bangkit dan bertumbuh. Jadi mereka tidak perlu lagi pindah ke Ibukota untuk menjadi juara,” tambah Ivander.

Berangkat dari keinginan untuk memperkenalkan berbagai jenis biji kopi lokal, Harris Hartanto Tan dan rekannya Norita Chai membuka kafe Coffeenatics di Medan yang menghadirkan specialty coffee pada tahun 2015. Harris juga menggencarkan penjualan online-nya melalui Tokopedia.

“Tokopedia sangat membantu kami dalam beradaptasi terutama selama awal pandemi. Sepanjang 2021, peningkatan transaksi Coffeenatics mencapai 350% dibandingkan tahun 2020. Jangkauan kami pun semakin luas bahkan bisa sampai Papua,” ungkap Harris.

Coffeenatics pun rutin mengikuti sederet program yang dihadirkan Tokopedia. Di antaranya seperti Waktu Indonesia Belanja (WIB), Kumpulan Toko Pilihan (KTP), #SatuDalamKopi hingga kegiatan offline yang di-online-kan Tokopedia, seperti Jakarta Coffee Week 2020.

Tidak berhenti di situ, Coffeenatics juga turut mendorong tumbuh kembang petani kopi lokal melalui program adopsi ladang yang telah dilaksanakan di beberapa wilayah, termasuk Aceh, Simalungun, Karo hingga Kintamani di Bali.

Baca Juga: 5 Cara Menghindari Penipuan Transaksi di Tokopedia, Waspada Modus Penipu!

Selain itu, Coffeenatics juga turut mendukung pelestarian habitat primata owa hitam atau siamang melalui penjualan kopi Siamang Forest.

Harris berharap, Coffeenatics bisa mendorong para petani kopi lokal menjadi semakin sejahtera agar bisa terus berkembang di negeri sendiri.

“Kami mengajak lebih banyak masyarakat untuk berani berbisnis, sekaligus menjadi penyedia kopi berkualitas yang dapat mengharumkan nama Indonesia,” tutup Harris. (*)

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest