Follow Us

Electrum, Pertamina, Gogoro, dan Gesits Berkolaborasi, Percepat Kehadiran Kendaraan Listrik di Indonesia

Wulan - Jumat, 25 Februari 2022 | 14:00
Kendaraan listrik di Indonesia
Dok. Gojek

Kendaraan listrik di Indonesia

CERDASBELANJA.ID – Electrum sebagai perusahaan patungan Gojek dan TBS Energi Utama (TBS), melakukan kolaborasi dengan Pertamina, Gogoro, dan Gesits.

Keempat perusahaan ini, bersinergi untuk mengakselerasi pengembangan ekosistem kendaraan listrik terintegrasi dan terlengkap di Indonesia.

Electrum bersama dengan Pertamina, Gogoro, dan Gesits memperkuat sinergi melalui komitmen bersama untuk terus melanjutkan kolaborasi, dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik.

Sejalan dengan kolaborasi ini, Presiden RI Joko Widodo menghargai komitmen perusahaan dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik dari hulu ke hilir.

Jokowi menjelaskan, pemerintah sangat serius untuk masuk pada energi baru terbarukan, termasuk menuju pada kendaraan listrik.

“Oleh sebab itu, saya sangat menghargai keberanian perusahaan masuk dari hulu sampai hilir, untuk memulai membangun ekosistem kendaraan listrik. Kita harapkan sesuai dengan target kita di 2030 untuk emisi karbon berada di angka 29%, dan di 2060 masuk ke emisi nol atau net zero carbon,” ujar Jokowi, Selasa (22/2).

Menandai pengukuhan komitmen dan kolaborasi ini, Electrum, Pertamina, Gogoro, dan Gesits akan memperluas uji coba komersial penggunaan kendaraan listrik roda dua yang akan terus dikembangkan secara bertahap, hingga ribuan unit di sepanjang tahun 2022.

Hasil uji coba ini, akan dimanfaatkan antara lain sebagai landasan rencana bisnis Electrum. Electrum sendiri, sudah memiliki rencana membangun manufaktur motor listrik, teknologi pengemasan baterai, infrastruktur penukaran baterai, dan pembiayaan untuk memiliki kendaraan listrik.

Baca Juga: Gojek dan TBS Kolaborasi Joint Venture, Hadirkan Kendaraan Listrik

Kolaborasi ini, akan memanfaatkan masing-masing keahlian dari keempat perusahaan untuk semakin mendorong pengembangan infrastruktur kendaraan listrik di Indonesia.

Nantinya, Electrum akan bertindak sebagai integrator dan pengembang ekosistem kendaraan listrik, dengan memanfaatkan kehadiran Gojek di Indonesia dan keahlian TBS di sektor energi.

Sementara itu, Pertamina lewat Pertamina Patra Niaga akan menyediakan stasiun penukaran baterai motor listrik di berbagai SPBU yang tersebar di kawasan Jakarta Selatan.

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest