Follow Us

Semakin Meningkat, Tokopedia Bagikan Data Daerah dengan Peningkatan UMKM Terbesar di Indonesia

Wulan - Sabtu, 15 Januari 2022 | 22:00
Aplikasi Tokopedia
Dok. Tokopedia

Aplikasi Tokopedia

CERDASBELANJA.ID – Antusiasme masyarakat dalam mendukung pegiat usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal, melalui platform Tokopedia semakin meningkat.

“Denpasar, Makassar dan Palembang menjadi daerah dengan peningkatan tertinggi jumlah penjual selama 2021 dibandingkan 2020,” jelas Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia Trian Nugroho dalam keterangannya, Jumat (14/1).

Di Denpasar, kategori Kecantikan, Makanan dan Minuman, Kesehatan dan Perawatan Diri merupakan beberapa kategori paling laris selama 2021.

Hal ini, juga melatarbelakangi peningkatan transaksi rata-rata UMKM Denpasar menjadi lebih dari 1,5x lipat dibandingkan 2020.

Léollé Bali, merupakan UMKM Badung yang menilai Tokopedia sebagai harapan baru bagi bisnis kerajinan Bali yang hampir bangkrut akibat pandemi.

Sejak mengikuti berbagai kampanye di Tokopedia, salah satunya Home Living SALEbrations, omzet Leole Bali perlahan naik hingga 70% dari omzet sebelum masa pandemi, bahkan sudah kembali merekrut karyawan.

Di sisi lain, Tokopedia juga mencatat kenaikan transaksi rata-rata UMKM Makassar menjadi lebih dari 2x lipat.

Kategori Makanan dan Minuman, Ibu dan Anak dan Fesyen Anak, serta Kecantikan menjadi kategori dengan peningkatan transaksi paling tinggi di Makassar selama 2021, dibandingkan 2020.

Roemah Sajoer Makassar, UMKM yang memberdayakan petani setempat, bahkan mengalami peningkatan omzet hingga 8x lipat sepanjang 2021.

Baca Juga: Banyak Digunakan, Transaksi Fitur Paylater dan Modal Toko di Tokopedia Meningkat

Menurutnya, pemanfaatan platform digital seperti Tokopedia membantu menjangkau masyarakat di seluruh Indonesia dengan lebih efisien.

Kemudian di Palembang, kategori yang mengalami peningkatan transaksi paling tinggi sepanjang 2021, adalah Ibu dan Anak dan Fesyen Anak, Rumah Tangga, Kesehatan dan Perawatan Diri, serta Fesyen, bahkan ada lonjakan lebih dari 3x lipat pada transaksi rata-rata UMKM Palembang.

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest